EmitenNews.com - Dua perusahaan pelat merah meresmikan kolaborasi dalam mendukung pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai Ibu Kota Negara di Auditorium Point Lab Coworking Space, Gedung Pos Ibukota.


Sinergi tersebut dituangkan dalam Kesepakatan Kerja Sama (KKS) antara PT Bina Karya (Persero) dengan PT Pos Indonesia tentang penyediaan jasa kurir dan logistic hub di IKN. Penandatanganan KKS dilakukan Direkur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan Direktur Utama Bina Karya Boyke Prasetyanto.


Dalam sambutannya Faizal memastikan bahwa bahwa Pos Indonesia siap dan mampu memberikan kontribusi terbaik untuk membantu Bina Karya dalam proses pemindahan Ibu Kota Negara.


”Kami juga akan membangun dan mengembangkan infrastruktur dan ekosistem yang dibutuhkan oleh IKN,” ungkap Faizal dalam keterangan resminya.


Dalam kesempatan yang sama, Boyke Prasetyanto menyambut antusias sinergi Bina Karya dan Pos Indonesia sebagai langkah percepatan. “Kerja sama ini merupakan langkah dalam mempersiapkan, membangun dan mengembangkan Ibu Kota Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Indonesia,” tutur Boyke.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Prasabri Pesti, Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia. Ia menegaskan bahwa kontribusi Pos Indonesia merupakan bentuk komitmen dalam mendukung pemenuhan kebutuhan logistik IKN yang berkualitas.


Hadir pula dalam acara, Bondan Pristiwandana Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Bina Karya. Bondan menegaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung aktivitas ekonomi dan supply chain di IKN melalui pusat logistik yang saling terintegrasi.


Melalui kerja sama ini Pos Indonesia akan berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur dan ekosistem logistik seperti logistic hub, pergudangan, layanan- layanan terkait jasa kurir dan logistik, serta kegiatan portofolio bisnis Pos Indonesia lainnya. Diharapkan, hal ini dapat mendukung pencapaian pembangunan, pengembangan dan pemindahan Ibu Kota Negara di wilayah Ibu Kota Nusantara.


Bina Karya merupakan pengembang utama (master developer) yang diberi kewenangan sebagai Badan Usaha Otorita untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam melakukan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.


Sesuai dengan visi Ibu Kota Nusantara sebagai ‘Kota Dunia Untuk Semua’, kolaborasi Pos Indonesia dan Bina Karya diharapkan mampu menghadirkan Ibu Kota Nusantara sebagai kota cerdas dengan konsep future smart forest city yang berbasis inovasi dan teknologi.(*)