EmitenNews.com—Pengusaha nasional, Hapsoro Sukmonohadi, yang lebih dikenal dengan sebutan Happy Hapsoro, tengah bersiap mengakuisisi sedikitnya 2,2 miliar (35 persen) saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI).

 

Rencananya, aksi akuisisi bakal dilakukan melalui PT Basis Utama Prima (BUP), yang sebelumnya juga telah digunakan oleh suami Ketua DPR RI, Puan Maharani, itu, untuk menguasai 40 persen saham PT Red Planet Tbk (PSKT), sekaligus menjadi pemegang saham pengendali perusahaan.

 

Sedianya, PT BUP bakal mengakuisisi 35 persen saham TAXI dengan harga pembelian sebesar Rp20 per saham. Dengan demikian, total nilai transaksi bakal terjadi sebesar Rp44 miliar.

 

"Tujuan akuisisi ini adalah untuk mengembangkan bisnis pariwisata, dan sebagai moda transportasi di Indonesia," ujar Direktur, Johannes B E Triatmojo, Selasa (10/1/2023).

 

Makin fokusnya perusahaan di bisnis pariwisata, menurut Johannes, sejalan dengan kebijakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang telah secara resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia, pada Jumat (30/12).

 

Happy Hapsoro tercatat memiliki sejumlah portofolio di beberapa emiten seperti MINA, RAJA, CBRE hingga SINI.

 

"Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 dengan baik dan sekaligus bisa menjaga stabilitas ekonominya," ujar Jokowi.

 

Menurut Johannes, hingga triwulan III-2022, pihaknya belum mengeluarkan keperluan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex). Sebagai gantinya, TAXI saat ini disebut Johannes lebih berfokus pada aset yang ada.

 

"Jika nanti produktif, mungkin nanti ke depan akan ada pemikiran untuk ekspansi," tutur Johannes.