EmitenNews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dapat menyerap 80 ribu tenaga kerja melalui program padat karya tunai (PKT) di tahun 2023. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/2).


"Dalam TA 2023 rencana program PKT Ditjen Bina Marga adalah sebesar Rp4,78 triliun dengan proyeksi penyerapan tenaga kerja sebanyak 80.000 orang yang terdiri dari rutin jalan, rutin jembatan, dan revitalisasi drainase," jelasnya


Hedy mengungkapkan pada TA 2022 Ditjen Bina Marga mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp4,06 triliun untuk program PKT.


"Pada TA 2022, program PKT direncanakan dapat menyerap 59.766 orang tenaga kerja. Dengan realisasi penyerapan tenaga kerjanya sebanyak 73.605 orang," katanya.


Untuk PKT rutin pemeliharaan jalan dan jembatan seperti pekerjaan pembersihan median jalan dan pengecatan marka. Sementara untuk PKT revitalisasi drainase, penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan jalan nasional.


Selain program PKT rutin jalan dan jembatan serta revitalisasi drainase, pada TA 2022 Ditjen Bina Marga juga melaksanakan padat karya non rutin atau kegiatan kontraktual yang dilaksanakan dengan skema padat karya agar dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya ke berbagai daerah di Indonesia.(*)