EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara pada Rabu (17/11/2021) siang ini. Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu, akan menggantikan KSAD Jenderal Andika Perkasa, yang hari ini juga dikukuhkan sebagai Panglima TNI.


Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi pada Selasa (16/11/2022), memastikan hal tersebut. Pelantikan dilakukan secara berurutan usai Presiden Jokowi melantik calon Panglima TNI terpilih, Andika Perkasa. Pelantikan Panglima TNI, jam 13.30 WIB. Lalu, berurutan pelantikan KSAD).


Setelah Andika Perkasa dipastikan bakal menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, spekulasi mengenai pengganti Andika sebagai KSAD terus bergulir. Beberapa waktu lalu, pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Selamat Ginting, sudah menyebutkan, kans Dudung paling kuat, meski untuk posisi KSAD, setidaknya ada 14 nama Letjen yang memenuhi syarat.


Dari 14 orang itu,hanya ada empat yang memiliki peluang besar memimpin matra Angkatan Darat (AD). Ginting menyebutkan, pertama, Letjen Muhammad Herindra. Kemudian, Letjen Teguh Arief Indratmoko, Letjen Dudung Abdurachman, dan Letjen Eko Margiyono. Lalu, mantan wartawan yang kenyang dengan liputan politik, dan militer, sampai ke luar negeri ini, mengerucutkannya pada nama Letjen Dudung Abdurachman, dan Letjen Eko Margiyono.


Dari data yang dikumpulkan sampai Rabu ini, diketahui Muhammad Herindra merupakan lulusan terbaik Akmil 1987, yang saat ini menjabat Wakil Menteri Pertahanan. Herindra memiliki waktu setahun sebelum memasuki masa pensiun.


Kemudian, Teguh Arief Indratmoko kini menduduki posisi Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat. Lulusan Akmil 1988-A ini masih memiliki waktu panjang sebelum pensiun pada September 2023.


Selanjutnya, lulusan Akmil 1988-B Letjen Dudung Abdurachman. Panglima Komando Cadangan Strategi AD (Pangkostrad)  memiliki masa pensiun yang masih lama, yakni November 2023. Terakhir, Letjen Eko Margiyono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. ***