EmitenNews.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota dari holding BUMN pertambangan MIND ID, menyiapkan langkah dan strategi untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

 

Transformasi ini dilakukan untuk mendukung target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan meningkatkan kontribusi perusahaan dalam mendukung ketahanan energi nasional.

 

Manajemen PTBA dalam jumpa pers kinerja secara virtual Jumat (10/12) memaparkan, langkah dan Strategi Transformasi PTBA Menuju Bisnis Energi di 2026 Destinasi pertama PTBA adalah menjadi perusahaan berbasis bisnis energi pada tahun 2026 dengan target pendapatan dari sektor energi sebesar 50% dan bisnis batu bara 50%.

 

Strategi PTBA

 

PTBA memiliki tiga strategi khusus untuk mencapai target transformasi bisnis di tahun 2026, yaitu:

 

  1. Peningkatan portofolio pembangkit listrik berbasis Energi Baru dan Terbarukan

 

  1. Proyek hilirisasi batu bara dan chemical industry development dengan menyiapkan kawasan ekonomi khusus di Tanjung Enim, Sumatera Selatan sebagai area untuk pengembangan bisnis

 

  1. Carbon Management Program yaitu integrasi target pengurangan karbon dalam operasional pertambangan PTBA.

 

Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan PTBA

 

Sebagai wujud komitmen transisi energi, PTBA mulai merambah portofolio ke sektor energi baru dan terbarukan dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lahan bekas tambang dan masyarakat.