EmitenNews.com - Gaya hidup hedonisme para polisi, dan keluarga menjadi perhatian khusus anggota Komisi III DPR RI. Dalam rapat dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Johan Budi mengungkap gaya hidup mewah seorang istri kapolres atau kapolsek yang memamerkan sepeda senilai Rp300 juta di media sosial. Ada gonta-ganti tas hermes. Perilaku istri kapolres atau kapolsek itu menyakitkan.


"Jadi, kalau bukan kapolresnya, kapolseknya, istrinya Pak di medsos, pamer sepeda harga Rp300 juta dan lain sebagainya. Ini menyakitkan Pak," ucap Johan Budi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan Kapolri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (24/8/2022).


Di luar itu, Johan Budi mengaku prihatin dengan situasi yang kerap dilihatnya saat mengunjungi daerah pemilihannya (dapil) tersebut. Situasi itu, menurut mantan Jubir Presiden Jokowi itu, sangat memprihatinkan. Johan anggota DPR yang terpilih dari dapil Jatim VII meliputi Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan.


"Ini keprihatinan saya Pak Listyo Sigit. Saya beberapa kali ke dapil Pak, tadi sempat juga diungkap oleh Pak Adies dan oleh beberapa rekan, sekarang saya lihat polisi-polisi yang di bawah ini, Kapolres, Kapolsek, mulai menikmati hidup hedon," ujarnya.


Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir juga menyentil gaya hidup polisi di level jabatan direktur hingga kapolres. Politikus Partai Golkar ini, menyebut gaya hidup mereka yang terlihat mewah mempengaruhi indeks kepercayaan publik yang kini menurun.


"Penurunan indeks kepercayaan pada Polri, disebabkan oleh perilaku dan juga gaya hidup teman-teman Polri di tingkat bawah," kata Adies Kadir dalam rapat kerja dengan Kapolri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.


Seperti Johan Budi, Adies Kadir juga melihat perilaku polisi di tingkat bawah sangat kontras. Menurut dia, banyak Kapolres seperti raja-raja kecil di daerah dan tidak membangun komunikasi yang baik dengan Komisi III DPR. Perilaku seperti ini, kata dia, memperlihatkan baru jadi kapolres sudah susah sekali.


"Kalau kita lihat di bawah tingkat direktur, kapolres sudah seperti raja kecil. Kadang-kadang kita Komisi III DPR telepon tidak diangkat, WA tidak dibalas," katanya.


Adies mengungkap gaya hidup para personel kepolisian yang menduduki jabatan kapolres saja, sudah sangat mewah. Bahkan, gaya hidup mewah juga kerap ditampilkan oleh para istri kapolres tersebut. "Lihat gaya hidup mereka, sudah mulai pakai cerutu, wine, mobil sudah mewah. Kita lihat perilaku istrinya itu pakai tas Hermes itu sudah gonta-ganti." ***