EmitenNews.com—PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG) berhasil membukukan lonjakan besar terkait kinerjanya di sepanjang tahun lalu. Dari segi penjualan, misalnya, emiten pengembang yang berbasis di Balikpapan tersebut sukses membukukan nilai hingga Rp77 miliar, melonjak 98 persen dibanding realisasi penjualan 2021 yang masih sebesar Rp39 miliar.

 

Dari hasil tersebut, KBAG mampu meraup laba usaha sebesar Rp1,8 miliar, dengan torehan laba bersih sebesar Rp9,3 miliar.

 

Capaian tersebut masing-masing terhitung tumbuh sebesar 391 persen dan juga 498 persen dibanding raihan perusahaan pada tahun sebelumnya.

 

Menurut Direktur Utama KBAG, Nicholas Sumasto Tjia, beberapa faktor yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan perusahaan antara lain karena tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk KBAG yang tinggi.

 

Hal itu disebut Nicholas berdampak besar terhadap meningkatnya nilai jual pada periode terakhir ini. Kondisi tersebut masih ditambah dengan kolaborasi antar Sumber Daya Manusia(SDM)nya, baik dari luar maupun internal perusahaan.

 

Dari sisi Neraca, total asset KBAG tidak mengalami perubahan yang signifikan dimana total aset mengalami penurunan tipis sebesar tiga persen, dari Rp458 miliar menjadi sebesar Rp443 miliar pada 2022.

 

Hal ini karena penurunan liabilitas sebesar 31 persen dari sebesar Rp 77 miliar menjadi sebesar Rp 53 miliar.

 

"Sedangkan dari sisi ekuitas, KBAG membukukan peningkatan tipis sebesar dua persen, dari Rp381 miliar menjadi Rp390 miliar pada tahun lalu," tutur Nicholas.

 

Kenaikan ini utamanya disebabkan karena laba bersih yang diperoleh Perseroan sehingga meningkatkan saldo laba ditahan." Tambah Nicholas Sumasto Tjia.