EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) meluncurkan SuperApp BTN Mobile. Aplikasi mobile banking terbaru itu, akan menjadi unggulan BTN dalam memberi kemudahan layanan bagi para nasabah. BTN Mobile itu, penyempurnaan layanan mobile banking BTN sebelumnya. 


SupperApp itu, akan memudahkan nasabah karena menggabungkan kekuatan teknologi, dan kekuatan ekosistem perumahan. ”Sebagai salah satu perwujudan BTN menyediakan layanan aplikasi dari hulu ke hilir, BTN Mobile hadir sebagai aplikasi dengan beragam fitur mempermudah nasabah dalam satu aplikasi. Juga terhubung dengan ekosistem BTN, melalui satu aplikasi BTN Mobile nasabah dapat mengakses berbagai solusi digital lainya seperti BTN Properti, virtual branch, dan e-mitra,” tutur Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN, pada acara Grand Launching BTN Mobile di Jakarta, Minggu (12/2).


Tampilan BTN Mobile sangat modern dengan fitur lebih lengkap, dan memudahkan nasabah bertransaksi. Salah satu fitur unggulan yaitu online open account, split bill, Autodebit, BTN ekosistem menghubungkan ke layanan digital channel Bank BTN lain, dan cashflow tracker. Menyusul keunggulan itu, sepanjang 2023 BTN menarget penambahan kurang lebih 26 persen nasabah baru BTN Mobile. 


Lalu, jumlah transaksi ditarget bisa meningkat sekitar 10 persen hingga pengujung tahun ini. Guna melampau target itu, BTN akan memperkaya konten, dan fitur dengan menjalin kerja sama berbagai mitra strategis untuk memudahkan nasabah melakukan pembayaran secara instan pada BTN Mobile, menjalankan promo transaksi echannel secara reguler, dan promo thematic. ”Contohnya pada HUT BTN, kami menyiapkan berbagai promo Rp7.300 di merchant QRIS, dan diskon Rp73.000 di ecommerce menggunakan Virtual Account BTN,” tambahnya.


Sementara itu, Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan, peluncuran SuperApp BTN Mobile akan membuat BTN memiliki pelayanan lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital. ”Kuncinya kalau masuk digitalisasi tidak cukup sisi atau faktor solusi teknologi, tapi harus memiliki kekuatan, dan keunikan ekosistem," tegasnya.


Saat ini, BTN sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) sebagai kekuatan, sehingga konsep solusi digital melalui mobile banking BTN mengombinasi kekuatan teknologi, dan kekuatan ekosistem perumahan. ”Itu akan didorong menjadi pembeda kami,” bebernya.


Saat ini, persaingan mobile banking industri perbankan nasional cukup ketat. Bahkan fungsi-fungsi dasar payment (pembayaran) seperti pembayaran listrik, telepon, air, dan juga pembelian macam top up emoney, listrik pra bayar, dan lain-lain, juga bisa dilayani Fintech atau ecommerce. ”So, BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & purchase juga mengedepankan kekuatan ekosistem perumahan,” ucapnya.


BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp. Menawarkan fitur-fitur keren. Tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking, tetapi juga dipersenjatai fitur financial berelasi dengan kebutuhan nasabah sesuai life cycle ekosistem sektor perumahan. ”BTN Mobile akan melayani nasabah dengan konsep Living, Renting, Selling & Buying," jelasnya. (*)