EmitenNews.com - PT RHB Sekuritas Indonesia (DR) resmi menjadi Liquidity Provider atas sejumlah seri waran terstruktur. Itu menyusul persetujuan Bursa Efek Indonesia (BEI) kepada perusahaan.


Restu itu, termaktub dalam pengumuman dengan nomor : Peng-00028/BEI.ANG/09-2022. Pada pengumuman BEI itu, RHB akan memperdagangkan sejumlah waran terstruktur dengan kod? BBRIDRCM3A, UNVRDRCM3A, dan ADRODRCM3A. ”RHB sebagai Liquidity Provider waran terstruktur efektif terhitung mulai 19 September 2022," tulis Irvan Susandy, Direktur BEI.


Berdasar skenario, waran terstruktur UNVR, BBRI, dan ADRO akan dicatatkan perdana di BEI pada 19 September mendatang. Waran terstruktur efek diterbitkan lembaga keuangan, memberi hak kepada pembeli untuk menjual atau membeli sebuah underlying securities pada harga, dan tanggal telah ditentukan.


Salah satu keunggulan waran terstruktur untuk investor yaitu modal lebih kecil dibanding membeli saham konvensional. Investor dapat membeli waran terstruktur, dan menikmati potensi keuntungan optimal seperti pembelian saham.


Proses exercise waran akan dilakukan secara otomatis saat jatuh tempo. ”Investor akan langsung menerima uang tunai apabila posisi waran tersebut in the money atau harga lebih tinggi dari harga pembelian,” tukas Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi. (*)