EmitenNews.com—Perusahaan teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengajukan empat nama komisaris yang baru untuk menambah jajaran kepemimpinan perusahaan yang lebih kuat. Hal ini demi meningkatkan tata kelola perusahaan dan mendorong bisnis GoTo menuju profit.

 

Keempat nama tersebut yakni Gubernur Bank Indonesia 2013-2018 dan Menteri Keuangan periode 2010-2013 Agus D. W. Martowardojo, Co-founder dan Managing Partner Northstar Group Patrick Sugito Walujo, anggota direksi Logitech Marjorie Lao, dan founding partner Provident Winato Kartono.

 

Nama-nama ini akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023, dengan agenda di antaranya pengajuan perubahan jajaran Dewan Komisaris, Direksi, serta penunjukan Komisaris Independen baru.

 

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), undangan RUPSLB itu disampaikan kepada publik hari ini, Rabu (8/2) dan dapat diakses melalui laman BEI serta situs resmi GOTO.

 

Dalam pengumuman tersebut, Komisaris & Co-Founder GoTo Kevin Aluwi juga akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Komisaris GoTo. Tapi, ia tetap menjadi pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM).

 

Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo mengatakan sebuah kehormatan bagi perusahaan menyambut pencalonan Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo.

 

"Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia," kata Andre dalam keterangan tertulis, Rabu (8/2/2023).

 

"Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GoTo melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas," urainya.

 

Andre menyampaikan dirinya juga merasa bangga bisa menyambut pencalonan Marjorie, Patrick dan Winato ke Dewan Komisaris GoTo.