EmitenNews.com - Pernah, atau sedang merasakan hawa yang demikian panas hari-hari ini?. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara soal cuaca panas yang terjadi di Indonesia. Cuaca ini berlangsung hingga jelang akhir Oktober. Bersabarlah, karena prediksinya, awal November 2023, suhu mulai menurun.

 

Coba lihat data ini. Pada September 2023, suhu di sejumlah wilayah Indonesia mencapai 35,4 hingga 38 derajat Celcius. Pada 17-18 Oktober 2023, Kertajati Jawa Barat sempat mencatatkan suhu tertinggi mencapai 38,6 derajat celcius.

 

Akun Instagram BMKG, Minggu (22/10/20230, menjelaskan salah satu penyebab panas terik ini karena minimnya tingkat pertumbuhan awan. Khususnya hal tersebut terjadi pada siang hari.

 

Tercatat juga kelembapan udara di sejumlah wilayah yang masuk kategori rendah. BMKG menjelaskan posisi semu Matahari bergerak ke selatan ekuator yang jadi penyebab sinarnya lebih intens ke Indonesia.

 

Posisi semu matahari menunjukkan pergerakan ke arah selatan ekuator yang berdampak ke penyinaran matahari yang relatif lebih intens ke wilayah Indonesia.

 

Masih kata BMKG, suhu panas ini kemungkinan masih akan terasa hingga akhir Oktober 2023. Namun akan mulai menurun pada November 2023.

 

"Penurunan suhu diprediksi mulai terjadi pada November seiring dengan mulainya masa peralihan atau pancaroba di beberapa wilayah," tulis BMKG.

 

Dalam unggahan berbeda, BMKG memberikan prakiraan cuaca untuk DKI Jakarta per Senin (23/10/2023). Intinya, seluruh wilayah diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan.

 

Sementara suhunya diprediksi berkisar 24 hingga 33 derajat celcius. Dengan kelembapannya antara 50 hingga 85.