EmitenNews.com—PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) melalui anak usahanya, PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) resmi melepas saham dua anak usaha kepada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) senilai Rp3,2 triliun.

 

KSI dan TPIA (melalui afiliasinya) telah melakukan penutupan transaksi atas perjanjian jual beli bersyarat ( CSPA ) pada Senin, 27 Februari 2023.

 

"Dengan adanya penandatanganan ini maka Chandra Asri resmi menjadi pemegang saham dua anak usaha PT KSI," kata Direktur Utama Krakatau Steel, Purwono Widodo, Senin (27/2/2023).

 

Seluruh kondisi dalam CSPA telah dipenuhi, sehingga penandatanganan akta jual beli saham ini mengukuhkan pengalihan saham PT Krakatau Daya Listrik (KDL) sebesar 70 persen, dan PT Krakatau Tirta Industri (KTI) sebanyak 49 persen dari KSI kepada Chandra Asri. Adapun nilai total transaksi mencapai Rp3,24 triliun.

 

Purwono menyampaikan hasil transaksi ini akan digunakan untuk membayar utang Tranche B yang direncanakan akan rampung pada akhir 2023.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Erwin Ciputra mengatakan akuisisi terhadap anak usaha KSI dapat berkontribusi dalam pengembangan kompleks petrokimia perseroan (CAP2)

 

"Akuisisi bolt-on yang dilakukan ini merupakan langkah strategis untuk mengintegrasikan seluruh aset infrastruktur, penyediaan listrik dan air yang dimiliki PT KDL dan PT KTI, dalam memenuhi kebutuhan industri di Cilegon, serta mendukung rencana ekspansi CAP2," pungkasnya.