EmitenNews.com -PT Djasa Ubersakti Tbk (PTDU) menyampaikan hasil penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023.

 

Dalam risalah RUPS yang disampaikan oleh PTDU dan dikutip, Selasa (20/6/2023) disebutkan, Rapat Umum Pemegang Saham Telah memenuhi kuorum karena dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 1.100.002.900 saham atau 73,33% dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan, sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Perundangan yang berlaku.

 

Memberikan persetujuan kepada Perseroan untuk melakukan penambahan modal dengan menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 14/POJK.04/2019 juncto Peraturan OJK Nomor 32/POJK.04/2015 kepada para pemegang saham Perseroan dengan cara menawarkan dan menjual sebanyak-banyaknya sejumlah 1,5 miliar saham baru dari portepel.

 

Mengacu pada keterbukaan informasi publik, rencana rights issue ini dibanderol dengan harga Rp50 per lembar saham. Saham baru yang dikeluarkan ini nantinya memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan saham yang disetor sebelumnya, termasuk hak dividen.

 

"Dana yang diperoleh dari hasil pelaksanaan PMHMETD setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan oleh perseroan seluruhnya untuk modal kerja," tulis Direksi PTDU dalam keterangannya, Selasa (9/5).

 

Dengan aksi korporasi ini nantinya akan mampu mendongkrak ekuitas dan likuiditas perseroan sehingga struktur modal akan jauh lebih baik. Nantinya modal ini diharapkan bisa menjadi salah satu penopang utama kegiatan usaha perseroan.

 

"Pemegang saham yang tidak melaksanakan PHMETD yang dimilikinya akan mengalami dilusi persentase kepemilikan saham sebanyak-banyaknya 50%," lanjutnya.

 

Djasa Ubersakti (PTDU) membukukan rugi bersih pada tahun 2022 sebesar 65,5 miliar. Menurun bila di bandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021 yang berhasil mencetak keuntungan sebesar 3,0 miliar. Dengan demikian, rugi bersih per saham setara dengan Rp43.68 per lembar.

 

Adapun untuk Kuartal I-2023, Djasa Ubersakti Tbk (PTDU) membukukan laba bersih sebesar 540,7 juta. Naik bila di bandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022 yang mengalami kerugian sebesar 4,3 miliar. Dengan demikian, laba bersih per saham setara dengan Rp0.36 per lembar.