EmitenNews.com—Perusahaan jasa angkutan laut PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menyatakan bahwa pada 17 November 2022 telah terjadi realisasi kerjasama investasi antara perseroan dan perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berupa penyertaan modal oleh entitas usaha SMDR di entitas usaha KLBF.


Adapun secara rinci penyertaan itu dimana entitas SMDR yaitu PT Samudera Sarana Logistik (SSLog) menempatkan modal kepada cucu usaha KLBF dari entitas usahanya PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) yaitu PT Monstrans Global Digilog (Monstrans) dengan pelaksanaan investasi SSLog menguasai 20 persen saham Monstrans.


Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Mostrans Global Digilog (Mostrans) dan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang dilaksanakan dan dikeluarkan pada tanggal 17 November 2022 terkait dengan Kerjasama Investasi, para pemegang saham Mostrans, telah menyetujui Kerjasama Investasi dan karenanya PT Samudera Sarana Logistik (SSLog) telah efektif memiliki 20% kepemilikan pada Mostrans.


Lebih lanjut sehubungan dengan hal tersebut, SSLog dan para pemegang saham Mostrans lainnya telah menandatangani Perjanjian Pemegang Saham guna mengatur lebih lanjut kesepakatan diantara para pihak sebagai para pemegang saham Mostrans, termasuk aktivitas, pengendalian dan pengelolaan Mostrans kedepan, kata F. Helianti Sastrosatomo Direktur SMDR.


Kerjasama Investasi ini tidak memberikan dampak secara material yang merugikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan maupun kelangsungan usaha Perseroan. Adapun nilai penyertaan kerjasama investasi ini senilai Rp14 miliar.


Lebih lanjut, Kerjasama Investasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar di bidang logistik melalui teknologi informasi dan meningkatkan keunggulan di masing-masing grup perusahaan serta diharapkan dapat menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah baik bagi Perseroan, pelanggan dan pemegang saham.


Adapun kesepakatan kerjasama investasi ini sejalan dengan penandatanganan MoU antar perusahaan induk yaitu SMDR dan KLBF yang sudah dilakukan pada 9 Agustus 2022.


Sebelumnya juga telah diwartakan, "Disrupsi di era digital menciptakan tantangan baru di dunia logistik. Kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans merupakan langkah strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan akan mendorong transformasi digital di sektor logistik secara lebih cepat," kata Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius.

 

Vidjongtius juga menyatakan bahwa melalui sinergi antara inovasi teknologi digital Mostrans yang didukung Kalbe Group sebagai market leader di bidang kesehatan, dengan pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia, maka kolaborasi ini diyakini akan menghasilkan strategi pengembangan inovasi berbasis teknologi digital yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kinerja di bidang logistik.

 

"Kolaborasi dalam menerapkan inovasi digital dalam kegiatan distribusi transportasi logistik menjadi hal yang sangat strategis bagi pertumbuhan kedua perusahaan." kata Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Bani Maulana Mulia.

 

Menurut Bani, Kalbe adalah perusahaan farmasi kebanggaan Indonesia, yang tidak hanya menjadi market leader di Indonesia namun juga telah merambah pasar internasional. Kolaborasi antara Kalbe dan Samudera bertujuan untuk dapat memperkuat sinergi keunggulan masing-masing perusahaan. Distribusi produk Kalbe di dalam negeri dan di pasar ekspor masih memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar.

 

Sementara itu CEO Mostrans Berty Argiyantari mengatakan bahwa Mostrans saat ini sudah menciptakan solusi berupa B2B digital transportation platform untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan. Transparansi serta simplifikasi proses yang didukung oleh sistem teknologi informasi dapat membantu memecahkan sejumlah tantangan di sektor logistik.