EmitenNews.com -  Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) terus menurun dalam beberapa minggu terakhir dan bahkan hampir menyentuh batas  auto reject  atas (ARB) harian. Manajemen Bumi Resources memberikan penjelasan mengenai penurunan harga saham tersebut.

 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Resources Dileep Srivastava menjelaskan, pihaknya menerbitkan 34,5 saham Seri C dalam penambahan modal non-HMETD atau  private placement . Saham tersebut diserap oleh beberapa pihak yang menggenggam obligasi wajib konversi sehingga membuat jumlah saham BUMI meningkat 46,4% menjadi 108,8 miliar saham.

 

"Kemungkinan saham-saham ini ditemukan di pasar reguler melalui transaksi  crossing  oleh pemegang obligasi wajib konversi yang sebagian besar adalah investor asing," jelas Dileep dalam sebuah diskusi dengan analis, Rabu (23/2).

 

Kendati demikian, manajemen meyakini saham BUMI bisa melesat tahun ini. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti meningkatkan kinerja sehingga berpengaruh positif bagi  earning per share  (EPS). Bumi Resources juga akan meningkatkan volume penjualan batu bara dan bisa membayar utang  Tranche  A secara penuh tahun ini.

 

Lebih lanjut, fokus melakukan restrukturisasi utang dengan menyeimbangkan struktur permodalan dan menurunkan beban bunga sehingga bisa mendapatkan dana tunai untuk mempercepat penyelesaian utang yang tersisa. Bumi Resources juga akan mengeksplorasi prospek investasi di energi bersih seperti panel surya, ammonia dan hidrogen.

 

"Mendorong anak usaha BRMS dan Darma Henwa untuk meningkatkan performa dan menambah nilainya ke BUMI serta menyiapkan strategi jangka panjang," lanjut dia.

 

Adapun berdasarkan data RTI, saham BUMI ditutup di level Rp 62 atau menurun 6,06% pada penutupan perdagangan Rabu, (23/2). Sementara dalam seminggu terakhir, saham BUMI sudah menurun 27,06%.

 

Saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) tercatat berada di level 85 pada hari Kamis 17 Februari 2022 dan pada penutupan kemarin sudah di level 62 atau terkoreksi 27,06 persen setara 23 poin dalam 5 hari Bursa.