EmitenNews.com -Emiten penyiaran milik pengusaha yang juga ketua umum partai, Hary Tanoesoedibjo yaitu PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) optimistis mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan usaha di kisaran 10-15 persen. Hal itu disampaikan jelang rilis laporan keuangan tahun buku 2023.

Sepanjang tahun lalu, MSKY fokus menyediakan layanan TV berlangganan berbasis DTH di Indonesia dengan 1,3 juta pelanggan. Segmen penyiaran program televisi berlangganan masih mendominasi penghasilan perusahaan, sedangkan penyiaran iklan mengekor posisi kedua.

"Pasti ada growth dari tahun sebelumnya. Kita mengharapkan growth-nya minimal sekitar 10-15%," kata Direktur Utama MSKY, Hari Susanto, saat ditemui selepas Public Expose Insidentil, Kamis (1/2/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan pengembangan kemitraan menjadi cara jitu MSKY memaksimalkan revenue. Selain kerja sama dengan teknisi lepasan hingga penjual parabola, perseroan fokus menjangkau segmen pemasaran televisi berbayar lebih luas terutama di kota-kota tier 2 dan tier 3.

Hari menuturkan wilayah perkotaan tersebut memiliki sekitar 70 persen dari jumlah rumah tangga di Indonesia. Sehingga diharapkan dapat memacu belanja/spending terhadap produk entertainment perseroan.

"Untuk secara angka dibandingkan dengan tahun lalu tentunya akan ada kenaikan. Dari sisi bisnis sendiri, memang TV berbayar ini sekarang banyak saingan ya, seperti lewat internet. Tentu kita fokus mempertahankan posisi MSKY," tegasnya.

Selain itu, perseroan menerapkan skema harga usaha-usaha baru untuk meningkatkan pemasukan dari segmen TV berbayar di daerah. "Tidak semua pulau di Indonesia, atau kadang-kadang infrastruktur internet itu bisa masuk secara baik. Sehingga melalui satelitlah bisa ditangkap dengan baik," tandasnya.

Hingga September 2023, MSKY membukukan pendapatan usaha mencapai Rp610,52 miliar. Realisasi ini lebih rendah 29,05% secara year-on-year (yoy).

Berdasarkan data RTI, saham MSKY terus menguat, pada penutupan perdagangan Rabu (24/1) saham MSKY naik 8,82% ke level 185. Sedangkan sepanjang lima hari perdagangan, saham MSKY telah menguat 24,16% dan dalam sebulan, saham ini melesat hingga 85,00%.