EmitenNews.com - Jelang tutup tahun 2023, Bank Tabungan Negara (BBTN) khususnya Super Apps BTN Mobile telah menunjukkan tren pertumbuhan positif. Itu terlihat dari nasabah BTN Mobile terus mengalami lonjakan sejak mengudara pada Februari 2023. Transaksi tumbuh mencapai 97 persen secara yoy pada kuartal ke-II 2023.


Nah, menyambut tahun baru 2024, Bank BTN akan menghadirkan empat fitur baru pada SuperApps BTN Mobile. Keempat fitur itu, di antaranya BTN Kita, Home Service, KAI pada fitur Lifestyle, dan menu tagihan autodebet nasabah yaitu Transaksi BulananKu. ”Latar belakang peluncuran keempat fitur itu, dinamika kebutuhan masyarakat menginginkan layanan mudah, cepat, dan terintegrasi dengan aplikasi mobile banking. So, segala kebutuhan dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi outlet atau Kantor Cabang terdekat," tutur Direktur Utama Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu, di Jakarta, akhir pekan lalu. 


”Kami memberi kemudahan kepada nasabah dalam melakukan Top Up Kredit atau pengajuan pinjaman dana segar (fresh fund) melalui fitur BTN Kita. Sebelum melakukan pengajuan, nasabah juga akan mendapat Pre-Approval. Fitur BTN Kita hadir agar masyarakat dengan mudah memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan dengan seluruh proses bisa dilakukan melalui BTN Mobile,” tambah Andi Nirwoto, Direktur IT & Digital Bank BTN. 


Adapun pada halaman detail penawaran BTN Kita, nasabah akan mendapat informasi plafon kredit, suku bunga, angsuran, dan jangka waktu kredit. Apabila pengajuan disetujui, nasabah akan mendapat notifikasi pengajuan BTN Kita telah dicairkan ke rekening nasabah. Sementara itu, fitur Home Service, dan KAI adalah 2 fitur baru disematkan pada kategori “Lifestyle untuk mempermudah pemesanan, pembayaran layanan maintenance rumah (tahap awal service AC), pemesanan, dan pembayaran tiket Kereta Api, tanpa perlu membuka aplikasi lain. 


Andi menjelaskan fitur Home Service bekerja sama dengan third party yaitu Sejasa guna meningkatkan layanan digital makin komprehensif dalam konteks ekosistem rumah, untuk nasabah setia Bank BTN. Selain itu, di penghujung tahun banyak kawula muda sedang mempersiapkan kebutuhan liburan akhir tahun, perseroan hadirkan fitur KAI memberi kemudahan kepada nasabah setia Bank BTN dalam melakukan pemesanan hingga pembayaran untuk tiket Kereta Api, tanpa perlu membuka aplikasi lain (KAI), cukup melalui BTB Mobile. 


Fitur itu, merupakan sinergi perseroan dengan PT KAI. Selanjutnya fitur “Transaksi BulananKu” nasabah akan dengan mudah melakukan transaksi auto-debit yang telah dijadwalkan sebelumnya. Fitur ini membantu nasabah melakukan transaksi rutin setiap bulan seperti pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan internet, dan TV. Selain itu, Nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi pembelian dijadwalkan secara harian maupun bulanan khususnya untuk transaksi pembelian pulsa, paket data, top up e-wallet, dan pembelian voucher elektronik. 


Andi menjelaskan hingga Desember 2023, jumlah transaksi BTN mobile sudah melonjak di atas 142 persen secara yoy. Sementara volume transaksi juga meningkat hingga 53 persen yoy. ”Event kami selenggarakan, program akuisisi nasabah baru, program-program promo kami gelar, terbilang sukses mendongkrak nasabah, dan user experience nasabah terhadap BTN Mobile," urai Andi. 


Tahun 2024, Andi mengaku, akan lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi, dan pemasaran produk Bank lewat BTN Mobile. "Ke depan, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur baru. Misalnya, penjualan produk investasi, fitur transaksi Remittance Internasional, dan fitur-fitur lain guna memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia, khususnya untuk memperkuat digital ekosistem perumahan BTN,” tegas Andi. (*)