EmitenNews.com— Emiten jasa pertambangan PT Samindo Resources Tbk (MYOH) mengumumkan pemberian fasilitas pinjaman terhadap entitas afiliasi perseroan. Total dana yang dikucurkan mencapai Rp150 miliar.

 

Dana pinjaman tersebut diberikan kepada PT Tata Hamparan Eka Persada ( THEP ). Bunga yang dipatok sebesar 8,75% per tahun, yang akan jatuh tempo setelah tanggal perjanjian

 

"PT Samindo Resources Tbk dan THEP telah menandatangani loan agreement pada 6 April 2023," kata manajemen di keterbukaan informasi, Selasa (11/4/2023).

 

Manajemen MYOH memaparkan bahwa THEP membutuhkan dana untuk memenuhi kewajiban kepada beberapa pemegang saham. Dana yang diberikan dinilai dapat meningkatkan efektifitas struktur permodalan THEP .

 

THEP merupakan entitas afiliasi perseroan, yang sama-sama di bawah pengendali ST International Corporation. ST Corp menguasai 74,60% saham THEP , dan memiliki 59,03% saham MYOH.


Adapun pemberian pinjaman ini terhitung merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ( POJK ) 42/2020.