EmitenNews.com - Anak usaha PT. Samudera Indonesia Tbk (SMDR)  yaitu PT Samudera Shipping Services (SSS) telah menjual kapal motor tanker bernama Sinar Bussan kepada PT. Samudera Shipping Indonesia (SSI) pada tanggal 30 Desember 2021.


"SSS menjual kapal tanker Sinar Bussan kepada SSI senilai Rp75,88 miliar yang merupakan harga yang ditetapkan berdasarkan nilai pasar yang ditentukan sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh penilai independen," tulis Corporate Secretary SMDR, Selasa(4/01).

 

Kapal ini memiliki panjang 109,36 m, lebar 20 m dengan tonase kotor 7.687 dan tonase bersih 3.266, transaksi jual beli kapal tanker ini dilakukan oleh SSS dan SSI berdasarkan akta No.213 tanggal 30 Desember 2021.

 

Sebagai informasi, SSS dan SSI adalah perusahaan terkendali dari SMDR sehingga transaksi ini merupakan trasaksi afiliasi sesuai POJK nomor 42/2020 dan bukan transaksi material sesuai POJK 17/2020 dimana nilai transaksi sebesar Rp75,88 miliar tidak mencapai 20% dari ekuitas SMDR.

 

Transaksi penjualan kapal ini sejalan dengan rencana strategis SMDR ketika mendirikan Samudera Shipping Indonesia , dimana SSI merupakan unit usaha yang akan fokus untuk internasional dan domestik dalam mengangkut minyak.

 

"Oleh karenanya, SSI membutuhkan kapal tanker Sinar Busan untuk menjalankan kegiatan usahanya dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan SSI," pungkas Corporate Secretary SMDR.