EmitenNews.com - Satgas BLBI terus bergerak. Rencananya, besok, Rabu (12/1/2022), pemerintah melelang aset debitur dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Aset yang bakal dilelang atas nama PT Timor Putra Nasional itu, senilai Rp2,4 triliun lebih. Sejauh ini, putra Presiden ke-2 RI Soeharto itu, tidak mengakui utang BLBI itu, sehingga menganggap tak ada asetnya yang disita.


Dari informasi yang dikumpulkan Selasa (11//1/2022), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta V yang akan melakukan penjualan Lelang Eksekusi PUPN. Jenis penawaran lelang aset Tommy Soeharto itu, secara tertutup melalui internet (closed bidding) melalui Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Purwakarta.


Lelang aset Tommy Soeharto itu, dilaksanakan pada 12 Januari 2022 dengan batas akhir penawaran 12.00 WIB (sesuai server). Alamat domainnya https://www.lelang.go.id. Tempat lelangnya di KPKNL Purwakarta, Jalan Siliwangi No. 9, Purwakarta. Pemenang akan ditetapkan setelah batas akhir penawaran.


Pengumuman lelang aset Tommy Soeharto ini sudah dimuat di surat kabar nasional tertanggal 14 Desember 2021, ditandatangani oleh Kepala KPKNL Jakarta V Adriana Viveryanti.


Sejumlah aset Tommy Soeharto yang bakal dilelang: a). Sebidang Tanah SHGB No. 3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing. b). Sebidang Tanah SHGB No. 4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing.


Lalu, c). Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka. d). Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip.


Sebelumnya, Tommy Soeharto mengatakan tidak ada penyitaan terhadap asetnya. Pasalnya, putra Presiden ke-2 RI ini, mengaku tidak memiliki utang terkait Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia, seperti diungkap Satgas BLBI.


"Nggak ada penyitaan itu, orang nggak ada utangnya kok," tegas Tommy Soeharto kepada pers, di sela Groundbreaking Club House New Palm Hill di Sentul, Jumat (17/12/2021).


Menanggapi hal itu, kepada pers, Jumat (31/12/2021), Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, tidak mau ambil pusing dengan tanggapan Tommy Soeharto itu. Ketua Tim Pengarah Satgas BLBI itu, menegakan, Satgas BLB sudah melakukan penyitaan terhadap aset Tommy Soeharto. "Ya, tak apa-apa. Kita sudah melakukan penyitaan sesuai vonis pengadilan." ***