EmitenNews.com - Sedikitnya ada sembilan provinsi yang mengalami peningkatan rata-rata jumlah kasus positif Covid-19 pada seminggu terakhir. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan, hal itu diketahui berdasarkan data per tanggal 31 Oktober 2021. Sembilan provinsi tersebut, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.


Kendati demikian, dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/11/2021), Wiku menyebutkan, walaupun terjadi peningkatan, pandemi Covid-19 pada sembilan provinsi itu masih dapat dikatakan terkendali. Pasalnya, kata pejabat Kementerian Kesehatan itu, kesembilan provinsi ini masih dapat dikatakan terkendali karena kecenderungan peningkatan rata-rata jumlah kasus positif yang terlihat masih rendah.


Data yang ada menunjukkan, penambahan kasus aktif terbanyak berasal dari provinsi Jawa Barat dengan 741 kasus baru. Peningkatan ini membuat provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu, menjadi provinsi dengan jumlah kasus aktif terbanyak yakni 1.424 kasus.


Jika dibandingkan dengan angka nasional maka dari 9 provinsi ini saat ini kasus aktif adalah sebesar 0,29 persen. Provinsi dengan kasus aktif lebih tinggi dari angka tersebut adalah Lampung yaitu 1,68 persen, Sulawesi Utara 1,27 persen Sulawesi Tenggara.


Satu hal, persentase kesembuhan paling rendah adalah Lampung yaitu 92,63 persen. Untuk penambahan kematian terbanyak yakni di Jawa Timur dengan jumlah angka kematian sebanyak 39 orang.


Sementara itu, bor (bed occupancy rate) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit yang paling tinggi dibandingkan lainnya adalah di Provinsi Papua yaitu 11,41 persen. Sedangkan bor nasional adalah sebesar 3,62 persen. ***