EmitenNews.com -Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Unsur Masyarakat, Tulus Abadi mengatakan bahwa perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) bakal membangun jalan tol Kediri - Tulungagung sepanjang 44,51 kilometer (km).

 

Tulus menyatakan keberadaan tol ini nantinya akan semakin memudahkan masyarakat untuk menuju Bandara Dhoho di Kediri Jawa Timur. Dalam waktu dekat Penandatanganan Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) proyek tol ini akan ditaken pada kuartal IV 2023.

 

“PPJT akan segera ditandatangani, saat ini masih dalam proses. Di akhir tahun ini akan segera dilakukan penandatanganan," ujar Tulus Abadi dalam diskusi media yang digelar Forum Wartawan PUPR ( PUPR ) di Jakarta, Kamis (16/11).

 

Dijelaskan tulus, nilai investasi untuk proyek tol tersebut sebesar Rp10,26 triliun. Selain tol Kediri - Tulungagung, terdapat tiga jalan tol lainnya yang saat ini tengah dalam tahap lelang. Antara lain ada Tol Bogor-Serpong via Parung sepanjang 31,12 km, Tol Sentul Selatan-Karawang Barat sepanjang 61,50 km, dan Tol Gedebage-Tasik-Ciamis (Getaci) sepanjang 108,3 km.

 

"Dan Bogor-Serpong via Parung sudah ada pemenangnya. Kuartal IV, akhir 2023 ini untuk Bogor-Serpong, dan juga sedang dalam proses lelang Tol Sentul Selatan-Karawang Barat 61,50 km. Ada juga Getaci 108,3 km," ujarnya.