EmitenNews.com -PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) membukukan kinerja keuangan yang positif sepanjang semester pertama 2023 lalu. Tren positif ini berlanjut hingga paruh kedua tahun ini.

 

“Sampai dengan posisi Agustus ini, pendapatan usaha kita naik 31,25% dan laba bersih naik sekitar 20% year on year,” ujar Shanti Puruhita, Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) dalam acara ‘Percepat Pertumbuhan dengan Ekspansi’ yang digelar Mirae Asset Sekuritas, Kamis (5/10).

 

Shanti mengatakan kinerja perseroan biasanya lebih melanju kencang pada semester kedua, terutama karena pada semester pertama lalu terdapat sejumlah libur panjang.

 

“Ada lebaran yang cukup panjang. Terus kemudian ada Chinese New Year itu juga panjang. Begitu Chinese New Year disana juga terhenti dari China-nya,” ujarnya.

 

PT Jasa Armada Indonesia Tbk merupakan cucu usaha dari Pelindo Group. Perusahaan  yang dulunya merupakan anak usaha dari Pelindo II ini merupakan bagian dari Subholding PT Pelindo Jasa Maritim.

 

Pada semester pertama yang lalu, IPCM membukukan pendapatan usaha sebesar Rp567,55 miliar, naik 32,5% dari Rp428,19 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Sebanyak 82,44% atau Rp467,88 miliar dari pendapatan IPCM bersumber dari jasa jasa pelayanan kapal terutama kapal tunda.

 

Sementara dari sisi laba bersih, sepanjang semester pertama lalu, IPCM membukukan laba bersih sebesar Rp83,93 miliar, naik 29,7% dari Rp64,70 pada periode yang sama tahun lalu.

 

PT Jasa Armada Indonesia Tbk yang memiliki bisnis utama di bidang jasa kapal tunda, beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Banten, Cirebon, Panjang (Bandar Lampung), Bengkulu, Teluk Bayur (Sumatera Barat), Pangkal Balam (Bangka), Tanjung Pandan (Belitung), Palembang, Jambi serta Pontianak & Terminal Kijing.

 

Selain itu, PT Jasa Armada Indonesia Tbk yang memiliki kewenangan pelimpahan sendiri sebagai badan usaha Pelabuhan (BUP) juga beroperasi di 12 wilayah antara lain Pelabuhan Patimban (Subang), Tersus FSRU Jawa Satu, Tersus FSRU Jawa Barat (Kep. Seribu), Tersus Cemindo Gemilang (Bayah-Banten), Tersus dan TUKS Kanci (Cirebon), STS Nipa (Batam), STS Ambang luar Sungai Musi, Meulaboh (Aceh) dan Pelabuhan Weda dan sekitar Halmahera.