EmitenNews.com - Cari masalah nih Firdaus Oibowo. Pengacara organisasi dukun se-Indonesia itu, akan melaporkan pesohor Raffi Ahmad, dan Andre Taulany ke polisi. Sang pengacara memasalahkan panggilan sultan –Sultan ‘’Raffi Ahmad’’ Andara, dan Sultan ‘’Andre Taulany’’ Bintaro– yang melekat pada kedua selebritas tersebut.


Dalam pernyataannya pada kanal Youtube Radio Santuy, Firdaus Oibowo mengatakan diminta sultan yang sesungguhnya untuk melaporkan Raffi Ahmad dan Andre Taulany ke polisi. Pasalnya, keduanya bukan sultan sesungguhnya, tetapi mengaku-ngaku sultan.


“Saya sebagai panglima sultan, program saya sebagai panglima kesultanan itu diminta para sultan di Indonesia untuk menegur pemuda-pemuda, pengusaha yang sekarang ini gemar dikit-dikit pakai nama sultan. Oh, ini sultan ini, ini sultan itu, mungkin nanti akan kami tegur dan kami proses hukum," ujar Firdaus Oiwobo dalam unggahan akun gosip @berita_gosip, seperti dikutip pada Jumat (9/9/2022).


Menurut Firdaus Oiwobo, tidak sepantasnya orang yang tidak memiliki darah sultan menyebut diri mereka sebagai seorang sultan. "Termasuk Sultan Andara, Bung Raffi, ya. Nanti kita tanya tuh, Anda Sultan Andara dari mana tuh? Termasuk Sultan Bintaro tuh, si Andre Taulany, Anda sultannya dari mana gelarnya? Kita tanya nanti."


Firdaus Oibowo mengungkapkan, dirinya yang memiliki darah keturunan Sultan saja, tidak berani memakai gelar sultan. "Sementara saya aja cicit kandungnya Sultan tidak berani mengaku Sultan sebenarnya, walaupun saya sudah punya gelar tersendiri.”


Dalam perbincangannya di podcast Noice, Raffi Ahmad nampak kalem saja menanggapi sensasi yang diusung Firdaus Oibowo itu. Artis yang juga pengusaha jagad hiburan ini menyebutkan, gelar Sultan Andara yang disematkan kepadanya hanyalah sebutan dari netizen. Ia pun menanggapi sebutan sultan sebagai doa baik.


Kebetulan Raffi Ahmad bermukim di perumahan elite kawasan Andara, Jakarta Selatan. Melihat aktivitasnya yang padat, ditambah kehidupannya yang mewah, kaya raya dengan mobil, dan rumah mewah, begitu saja para netizen menjulukinya Sultan Andara, mengacu pada kawasan tempat tinggalnya.


"Sultan-sultanan itu cuma sebutan dari orang, tapi buat jadi doa aja, Coy, mudah-mudahan jadi (sultan)," ucap Raffi Ahmad.


Begitupun Sultan Bintaro yang melekat pada Andre Taulany sebagai sebutan, atau tepatnya julukan dari netizen di jagad maya, karena tempat tinggalnya di kawasan Bintaro. Sultan Bintaro kemudian melekat dan menjadi brand, atau sekedar panggilan untuk mengidentifikasi aktivitasnya sehari-hari, dengan segala kemewahannya yang mengirinya. ***