EmitenNews.com - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) adalah perusahaan publik yang bergerak di bidang distribusi alas kaki yang telah hadir di Indonesia selama 93 tahun, dengan produksi pertama yang dilakukan pada tahun 1940. 

Sepanjang perjalanannya, Bata di Indonesia telah berinovasi dalam penawaran produk dan saluran bisnis, bertujuan untuk selalu melayani dan memenuhi permintaan masyarakat Indonesia dari berbagai segmen pasar. 

Sebagai salah satu pemasar alas kaki dan ritel di negara ini, Bata memiliki jaringan toko di seluruh Indonesia dan memiliki lisensi untuk merek lain selain Bata, seperti Comfit, Power, Bubblegummers, North Star, B-First, dan Weinbrenner.

Untuk memastikan kelangsungan bisnis jangka panjang, Bata telah mengambil langkah-langkah untuk mengoptimalkan operasional perusahaan guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, melalui pemasok lokal dan mitra lainnya. Bata berkomitmen untuk terus berinvestasi di Indonesia demi memenuhi permintaan pelanggannya.

"Seperti banyak perusahaan lain yang menghadapi dampak pasca-COVID, PT Sepatu Bata Tbk telah menghadapi banyak tantangan selama empat tahun terakhir, termasuk perubahan perilaku konsumen yang cepat. Bata merasa perlu untuk bertransformasi agar dapat melayani konsumen dengan lebih baik. Perusahaan tidak lagi dapat melanjutkan produksi di pabrik di Purwakarta dan akan menawarkan produk-produk baru yang dirancang dan dikembangkan oleh Bata serta produsen lokal dari pabrik mitra kami di Indonesia — banyak di antaranya yang sudah bekerja sama dengan kami sebelumnya,” jelas Hatta Tutuko, Direktur dan Sekretaris PT Sepatu Bata Tbk.

Hatta menambahkan bahwa keputusan untuk menutup pabrik di Purwakarta dilakukan setelah evaluasi mendalam dan persetujuan dengan pihak-pihak terkait. 

"Penyesuaian-penyesuaian ini juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berkembang dan beradaptasi di masa-masa perubahan ini," tambahnya.

PT Sepatu Bata Tbk akan terus beroperasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan produk berkualitas, terus berinovasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui saluran omnichannel (www.bata.co.id), serta mengintegrasikan pengalaman langsung di toko fisik dengan kenyamanan belanja online.