EmitenNews.com - PT Yelooo Integra Datanet (YELO) mendapat setoran uang muka dari Artalindo Semesta Nusantara (ASN) senilai Rp737,11 miliar. Dana segar dari pengendali perseroan itu, dipinjamkan kepada Telemedia Komunikasi Pratama (TKP), entitas anak Yelooo.


Selanjutnya, dana tersebut oleh TPK dipakai untuk pembayaran deposit atau sebagai jaminan atas sewa aset jaringan kabel serat optik kepada PT Gemilang Lintang Nusantara (GLN). TKP menyewa jaringan kabel dengan segmentasi dan panjang serat optik berdurasi tujuh tahun senilai total Rp1,47 triliun.


Nilai transaksi itu, sekitar 253 persen dari ekuitas Yelooo per 31 Desember 2021 sejumlah Rp291,32 miliar. Oleh karena itu, transaksi harus mendapat restu pemegang Saham. Nah, untuk kepentingan itu, perseroan akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa pada 11 Mei 2022 pukul 14.00-15.00 WIB di Axa Tower, Lantai 42, Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta. 


Transaksi itu, dilatari kebutuhan modal dengan cepat, dan murah untuk mendapat proyek sewa jaringan kabel serat optik dengan cepat, dan terbatas di jalur kereta api. Pembayaran uang muka dilakukan untuk mendapat harga miring dibanding harga pasar, dan memberi kepastian sewa dalam jangka panjang.


Dengan mendapat sewa kabel serat optik pada harga kompetitif dapat mensinergikan dengan usaha perseroan yang telah ada yaitu penjualan data konektivitas internasional, dan nasional. ”Ditambah peluang usaha sektor informasi, dan telekomunikasi masih terbuka lebar,” tutur Rosi Diani, Corporate Secretary Yelooo Integra Datanet. (*)