EmitenNews.com - PT Waskita Karya (WSKT) berancang-ancang mendivestasi sejumlah ruas tol. Antara lain, Cimanggis-Cibitung, Becakayu, Bocimi, dan Trans Jawa. Di mana, Waskita Toll Road (WTR) memiliki tiga ruas termasuk di dalamnya ruas tol Pasuruan-Probolinggo.


”Kami menunggu respons investor tentang ruas-ruas tol mana yang diminati,” tutur Presiden Direktur Waskita Karya Destiawan Soewardjono, pada public expose secara daring, di Jakarta, Jumat (8/10).


Waskita, merecycle 13 ruas tol. Empat dari 13 ruas tol telah sukses divestasi hingga Oktober 2021. Dengan begitu, masih ada 9 ruas tol. Nah, dengan Indonesia Investment Authority (INA), melakukan kajian terhadap ruas-ruas tol Waskita. ”Mudah-mudahan bisa segera deal,” harap Destiawan.


Waskita pada Oktober 2021 telah menuntaskan divestasi empat ruas tol. Antara lain, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Semarang-Batang, Cinere-Serpong, dan Cibitung-Cilincing. Waskita juga tengah mencari mitra baru untuk penyelesaian tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Kemudian, akan mengembalikan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat kepada Hutama Karya sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.


Sebelumnya, Waskita melakukan transaksi divestasi melalui anak usaha Waskita Toll Road (WTR) dengan Akses Pelabuhan Indonesia (API) melalui penandatanganan kesepakatan jual beli atas ruas Tol Cibitung-Cilincing. Divestasi jalan tol itu, bagian dari 8 stream penyehatan keuangan Waskita. ”Transaksi itu, momentum dan sinyal baik bagi WTR dalam menjalankan proses bisnis sebagai perusahaan developer jalan tol Indonesia,” tegas Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum. (*)