EmitenNews.com - Para menteri Kabinet Indonesia Maju II harus siap-siap pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rumah tapak jabatan menteri (RTJM) untuk para pembantu Presiden Joko Widodo itu, sudah hampir rampung pembangunannya. Rumah dinas itu, dalam tahap penyelesaian pekerjaan eksterior, interior, dan lanskap. Juli 2024, mereka sudah bisa berdiam di sana.

Kepada pers, Sabtu (23/3/2024), Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, progresnya sudah mencapai angka 83,94 persen. Targetnya, proyek rumah dinas menteri itu, beres dan bisa dihuni pada Juli 2024.

Sebanyak 36 unit RTJM dengan nilai kontrak Rp493 miliar itu, dibangun oleh kontraktor pelaksana PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Ciriajasa Engineering & Management Consultant KSO dan pengawas dari PT Yodya Karya.

Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Hujurat menyampaikan, pembangunan rumah tapak jabatan menteri didesain agar dapat merespons kondisi topografi berkontur. 

"Pembangunan rumah tapak jabatan menteri terdiri atas dua tipe rumah yang mengikuti kontur lahan, yaitu tipe upslope dan downslope," katanya. 

Seluruh rumah dinas menteri di IKN Nusantara itu, dilengkapi prasarana, sarana dan utilitas (PSU), mebel, fasilitas umum, fasilitas sosial, serta sistem Smart Design Building dengan akses 100 persen terhadap internet.

Tipe upslope yang dibangun sebanyak 25 unit, diperuntukkan bagi hunian di punggungan bukit, dengan elevasi belakang rumah lebih tinggi daripada elevasi jalan.

Untuk tipe downslope yang dibangun sebanyak 11 unit, diperuntukkan bagi hunian yang berada di lereng bukit sehingga elevasi belakang rumah lebih rendah daripada elevasi jalan. "Selain didesain untuk mengikuti kontur lahan sehingga meminimalisir cut and fill, rumah tapak jabatan menteri juga didesain untuk responsif terhadap iklim dan bencana."

Sebanyak 36 unit rumah jabatan itu, dibangun dalam kawasan Persil 104 dengan lahan seluas 10,6 hektare, dan Persil 105 dengan lahan seluas 9,1 hektare. Rinciannya, sebanyak 24 unit rumah di Persil 104, dan sisanya 12 unit rumah di Persil 105.

Masing-masing unit setinggi dua lantai. Lantai basement peruntukkan bagi kamar tidur supir, kamar mandi dan ruang jaga. Lantai pertama merupakan area kedinasan, sedangkan di lantai kedua merupakan area privat keluarga.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara HUT Kemerdekaan 2024, pada 17 Agustus mendatang, di lokasi IKN Nusantara. Karena itu, jauh-jauh hari sebelumnya segala sesuatu dipastikan dibangun sesuai rencana. ***