EmitenNews.com - PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor bahan kimia terintegrasi dan terkemuka di Indonesia, menganggarkan belanja modal sebesar Rp2,6 miliar. Dana tersebut akan berasal dari internal kas perusahaan.

 

Presiden Direktur KKES Kiki Rusmin Sadrach menuturkan, pada tahun 2023 Perseroan menargetkan ekspansi 2 kantor cabang ke Kota Denpasar dan Medan. Selain itu secara bertahap, Perseroan terus melakukan peremajaan armada (fleet) distribusi seperti truk di cabang-cabang sehingga akan meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

 

"Dana capex tahun ini, akan dipergunakan untuk mendukung bisnis perusahaan seperti penambahan dan peremajaan armada. Sehingga dengan demikian, kami berharap kinerja perseroan tahun ini juga akan meningkat dibanding sebelumnya," kata Kiki dalam keterangan tertulisnya Senin (22/5).

 

Kiki menambahkan, ekspansi dan strategi yang akan diterapkan tersebut, Perseroan optimis penjualan tahun ini dapat tumbuh sebbesar 19% dan laba bersih tumbuh 60%.

 

"Untuk meningkatkan kinerja Perseroan juga menambah produk yang memiliki margin lebih baik, seperti Eberle Specialty untuk industri penyamakan. Perseroan optimis meraih peningkatan kinerja baik top line maupun bottom line walaupun di tengah keadaan dan tantangan yang ada, baik global maupun domestik," tegasnya.

 

Sebagai informasi bahwa pada periode 1Q2023, KKES berhasil membukukan penjualan sebesar Rp64,52 miliar, atau tumbuh sekitar 3% dibandingkan pencapaian periode sama pada tahun 2022 sebesar Rp62,37 miliar. 

 

Pencapaian tersebut disumbangkan oleh enam segmen usaha Perseroan yakni Segmen Paint, coating, ink, thinner, plastic, resin berkontribusi 46,03%. Kemudia Segmen Adhesive, textile, rubber, foam, sole berkontribusi 27,33%, dan Segmen Leather, Synthetic berkontribusi 9,24%. 

 

Sementara, Segmen Food and Drink berkontribusi 6,57%, Segmen Wood Finishing berkontribusi 6,15%, dan Segmen Construction, Aluminium Shop berkontribusi 4,69%.