EmitenNews.com - Kinerja keuangan semester I-2023 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru saja rilis. Dalam pemaparan kinerja CEO baru Patrick Walujo menjelaskan bahwa GOTO sebagai perseroan akan terus meningkatkan basis pelanggan dengan menyasar budget customer atau pelanggan peka harga. 

 

“Agar kami dapat menang, kami harus memperluas pasar yang dapat kami jangkau dengan memperluas basis konsumen kami, terutama pada kelompok konsumen sadar harga yang mementingkan nilai yang mereka dapat dari setiap rupiah yang mereka belanjakan.” Kata Patrick.

 

Meskipun menyasar segmen pelanggan yang peka terhadap harga, akan tetapi GOTO berkomitmen untuk melakukannya dengan pendekatan inovasi produk yang relevan tanpa membakar uang. Salah satu contohnya adalah dengan melaunching fitur Mode Hemat. 

 

Fitur Mode Hemat merupakan bagian dari On-Demand Services, untuk mobilitas empat roda dan pesan antar makanan, menyediakan pilihan dengan harga lebih terjangkau untuk konsumen, sehingga menghasilkan pesanan yang lebih banyak, baik bagi para mitra pengemudi maupun GoTo.

 

Patrick Walujo dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa dengan menyediakan produk Hemat tersebut, kami memperkirakan dapat menumbuhkan basis konsumen sampai dengan 50-60%.

 

Robert Sebastian, analis dari Bahana Sekuritas dalam laporan risetnya menjelaskan bahwa Mode Hemat merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan transaksi pelanggan di GOTO untuk semester II-2023. 

 

“Meskipun Mode Hemat akan menyebabkan rata-rata nilai order (average oder value/AOV) menjadi lebih rendah, kami perkirakan akan diimbangi dengan cost to serve yang lebih rendah. Sehingga secara keseluruhan kami menilai ini merupakan cara yang efisien untuk meningkatkan pesanan tetapi prudent secara cost” tulis Robert dalam laporan risetnya. 

 

Senada dengan Robert, Raditya Krisna Pradana dari Kanaka Hita Solvera juga turut mengapresiasi upaya GOTO untuk tetap meningkatkan jumlah pesanan tanpa harus mengeluarkan biaya insentif ke pelanggan atau bakar uang dalam jumlah yang besar. 

 

Menurut Radit, skala ekonomi merupakan hal yang penting dan relevan terutama untuk perusahaan teknologi yang berkaitan dengan sektor konsumen.