EmitenNews.com - Azis Syamsuddin tidak dapat menahan air matanya. Mewek. Sambil menangis, tersangka kasus korupsi itu, menyampaikan terima kasih pada saksi meringankan dari Lampung Timur, Yanti Sumiati dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/1/2022). Mantan Wakil Ketua DPR itu, terharu karena Yanti datang jauh-jauh, dan mau bersaksi, menceritakan kebaikan politikus Partai Golkar itu, sebagai saksi meringankan.


"Saya ucapkan terima kasih pada Ibu. Ibu yang tidak pernah saya kenal, yang tidak pernah saya tahu, bersedia jadi saksi. Saya tidak pernah berharap bahwa Tuhan mempertemukan kita pada hari ini," ujar Azis Syamsuddin sambil menangis mendengar penuturan Yanti Sumiati dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis.


Bagi Azis Syamsuddin, Yanti Sumiati adalah titipan Allah yang membantunya. Bekas petinggi Golkar itu, lalu mendoakan keluarga Yanti selalu dilindungi oleh Allah SWT.


"Ibu bersedia meluangkan waktu, memberikan fakta, dan saya yakini ibu adalah titipan Allah yang saya tidak tahu, dan tak ada niat membantu. Karena dari sekian orang, saya tidak tahu ibu tiba-tiba mau menjadi saksi. Saya ucapkan terima kasih pada Ibu, salam hormat saya kepada suami, keluarga, semoga kita akan cepat bertemu di lain waktu," tutur Azis Syamsuddin.


Azis Syamsuddin menyebut kasus yang menjeratnya ini tidak akan mengendurkan semangatnya. Azis juga mengaku ikhlas membantu Yanti membiayai operasi anaknya. "Dan ini nggak akan mengendurkan saya. Saya meyakini apa yang saya lakukan tak perlu orang lain tahu. Saya tak mau orang lain tahu apa yang saya lakukan. Itu niat saya hanya karena Allah dan ridho karena Allah."


Setelah Azis Syamsuddin menyampaikan tanggapannya kepada Yanti. Keduanya, berjabat tangan. Yanti terlihat mencium tangan Azis, sembari  mengucapkan terima kasih. Keduanya sama-sama menangis.


Dalam persidangan, Yanti Sumiati bersaksi pernah dibantu Azis Syamsuddin saat hendak melahirkan dan melakukan operasi anaknya. Ia menyebut Azis malaikat penolongnya kala itu. Awalnya, ia mengaku tidak tahu bahwa yang menolongnya, Azis Syamsuddin. Dia tahunya, setelah melahirkan. Karena itu, ia ingin berterima kasih langsung ke Azis, agar hatinya plong. Lega.


“Bagi saya Pak Azis adalah malaikat yang dikirim langsung oleh Allah. Seandainya tidak ada yang nolong saya, nyawa anak saya nggak bisa tertolong," ujar Yanti Sumiati sambil berurai air mata.


Di kursi terdakwa, Azis Syamsuddin juga menangis. Ia terlihat menitikkan air mata. Sesekali dia mengusap matanya dengan tisu.


Seperti diketahui Azis Syamsuddin didakwa memberi suap ke mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin dan Maskur Husain sekitar Rp3,6 miliar. Jaksa mengatakan suap diberikan agar AKP Robin selaku penyidik KPK saat itu mengurus kasus yang melibatkan namanya dan Aliza Gunado. Azis disebut jaksa memberi suap agar dia dan Aliza Gunado tidak menjadi tersangka KPK berkaitan dengan kasus DAK Lampung Tengah 2017. ***