EmitenNews.com -PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) siap menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 24 November 2023. Aksi korporasi ini digelar untuk meminta restu kepada para pemegang saham dalam rangka rencana rights issue perseroan.

Operator telekomunikasi itu akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) V atau rights issue sebanyak 234 miliar saham dengan nilai nominal Rp50 per saham.

"RUPSLB Perseroan untuk memperoleh persetujuan terhadap rencana pelaksanaan PMHMETD V akan diselenggarakan pada 24 November 2023," tulis prospektus perseroan di Keterbukaan Informasi BEI, Jakarta, Rabu (22/11).

Manajemen FREN mengungkapkan, alasan dan tujuan menggelar PMHMETD V adalah untuk mendukung kegiatan usaha perseroan, termasuk memperbaiki layanan jasa telekomunikasi kepada para pelanggan, serta menambah jumlah BTS guna memperbaiki kualitas jaringan.

"Di sisi lain, pergerakan harga saham perseroan selama satu tahun terakhir selalu berada di bawah harga nominal saham, yaitu Rp100 per saham, sehingga pendanaan melalui ekuitas pada harga pasar tidak dapat dilakukan karena bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelas manajemen.

Dana hasil rights issue ini akan digunakan untuk melunasi pinjaman yang dimiliki oleh perseroan dan/atau entitas anak perseroan. Atau juga untuk modal kerja perseroan dan/atau entitas anak perseroan.

Sekadar informasi, saham FREN hari ini bertengger di level 53 atau melemah 1,85 persen.