EmitenNews.com - Kabar merger perusahaan telekomunikasi milik Axiata Group Bhd PT XL Axiata Tbk (EXCl) dengan  PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) mencuat lagi.

Menanggapi kabar tersebut Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan bahwa Isu ini sudah lama beredar soal kemungkinan merger.


Dian mengakui bahwa adanya merger akan berdampak pada industri telekomunikasi Tanah Air yang semakin lebih baik dan sehat daripada sebelumnya.

"Isu ini sudah lama beredar soal kemungkinan merger. Seperti saya sudah sampaikan di berbagai kesempatan memang konsolidasi itu baik untuk industri dan masyarakat," ujar Dian di acara halal bihalal dengan media di XL Axiata Tower, Jakarta, Kamis (25/4)

 

Akan tetapi, kata Dian, aksi korporasi tersebut merupakan ranah para pemegang saham, bukan di tataran direksi. Sejauh ini, keputusan untuk merger XL Axiata dan Smartfren belum tampak hilalnya.

Dian juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum terjadi uji kelayakan (due diligence). “Kalau hilal saja belum ada, tentu belum ada juga kegiatan yang lain. 

Kalau pertanyaannya apakah sudah ada due diligence, hilal saja belum ada pasti belum ada due diligence,” tegasnya.

“Sampai saat ini, belum ada kepastian seperti itu. Hanya memang, semua pemegang saham selalu melihat peluang untuk konsoidasi,” tambahnya.