EmitenNews.com - PT Soechi Lines (SOCI) bakal melunasi sisa obligasi USD57 juta. Itu setelah perseroan memulai proses-proses redemption atau pelunasan sisa obligasi senior. Surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (USD) itu, diterbitkan anak usaha perseroan, yaitu Soechi Capital Pte. Ltd (Soechi Capital). 


Corporate Secretary Soechi Lines, Paula Marlina menuturkan, surat utang tersebut memiliki nilai penerbitan USD200 juta dengan tingkat bunga 8,375 persen per tahun akan jatuh tempo pada 2023 (Obligasi Global). Soechi Capital telah menyampaikan kepada trustee atau wali amanat, dan para pemegang obligasi untuk melunasi obligasi global pada 19 Mei 2022.


Harga pelunasan itu, setara 102,09375 persen dari sisa jumlah pokok terutang obligasi global. ”Kemudian, ditambah dengan bunga belum dibayarkan, jika ada, sampai dengan (namun tidak termasuk) tanggal pelunasan. Obligasi Global tersisa saat ini dipegang para pemegang obligasi senilai USD57 juta,” tutur Marlina.


Marlina melanjutkan proses-proses pelunasan obligasi global, merupakan bagian dari pengelolaan kewajiban perseroan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian. Itu diharap dapat mendukung kegiatan usaha perseroan dan/atau anak usaha perseroan untuk jangka panjang, baik dari segi kegiatan operasional, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha. (*)