EmitenNews.com - Ini langkah PT Hutama Karya (Persero) menyongsong Lebaran 2022. Sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) perseroan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Fungsional kedua ruas tol tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan maksimal bagi para pemudik di tahun ini.


Dalam keterangannya Senin (25/4), Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan sesuai arahan Kementerian PUPR dalam mendukung arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2022, pihaknya mengoptimalkan pelayanan di ruas-ruas yang telah beroperasi secara penuh.


“Tahun ini kami akan membuka secara fungsional dua ruas baru di Jalan Tol Trans Sumatera yakni Tol Pekanbaru - Bangkinang dan Tol Bengkulu - Taba Penanjung," kata Koentjoro.


Hutama Karya membuka secara fungsional Ruas Pekanbaru - Pangkalan seksi Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 km dan Ruas Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu seksi Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17,6 km, guna mendukung kelancaran arus mudik/balik Lebaran 2022.


Untuk mempersiapkan secara fungsional dua ruas tol tersebut, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 - 14 April 2022 di Tol Bengkulu - Taba Penanjung dan peninjauan langsung oleh konsultan PMO untuk Tol Pekanbaru - Bangkinang.


Koentjoro mengungkapkan, tidak hanya persiapan secara fisik di lapangan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Di antaranya, BPJT, Bina Marga, Korlantas, BBPJN dan instansi lainnya.


“Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru - Bangkinang dan Tol Bengkulu - Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau," kata Koentjoro. ***