EmitenNews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat pajak dan APBN bagi kemajuan bangsa.


Terkait dengan itu Menkeu mengatakan bahwa penyelenggaran Kampanye Simpatik bertajuk “Spectaxcular 2023” yang dihadirinya bersama Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo serta pejabat eselon I dan II Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Anjungan Sarinah, hari Minggu (06/08) lalu sangat penting sebagai bentuk edukasi yang mudah diterima masyarakat.


Hal itu dikarenakan manfaat pajak dan APBN yang dapat dirasakan secara langsung oleh setiap warga dalam berbagai bentuk, seperti subsidi energi dan pembangunan di sekitar. Namun, dengan besarnya manfaat pajak dan APBN, pengelolaan uang pajak menjadi perhatian masyarakat.


“Jadi, kita (Kemenkeu) akan makin terus transparan, makin terus memperbaiki, makin terus melayani, kita akan terus edukasi. Kalau ada yang salah, kita akan terus koreksi,” tegas Sri Mulyani.


Untuk meningkatkan signifikansi tercapainya tujuan kegiatan ini, DJP bekerja sama dengan BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI sebagai stakeholders Kementerian Keuangan yang turut menggerakan ekonomi masyarakat sekaligus aktif mendukung pertumbuhan UMKM nasional. DJP meyakini, komitmen perbankan dalam mendukung pajak yang kuat untuk APBN yang kredibel, transparan, dan akuntabel.


“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas konsistensi dukungan perbankan terhadap APBN dan pajak, termasuk dalam mendukung Reformasi Perpajakan yang sedang kami jalankan,” ujar Dirjen Pajak Suryo Utomo.


Selanjutnya, acara Spectaxcular 2023 diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik perhatian pengunjung Car Free Day (CFD) di sekitar Sarinah hingga Bundaran HI. Tampak dalam acara tersebut pawai budaya berupa kesenian Reog Ponorogo, Sisingaan, hingga marching band yang disisipi edukasi perpajakan. Tersedia pula pojok pajak, pojok perbankan, dan pameran UMKM untuk pengunjung CFD.


Tidak hanya itu, penampilan Juicy Luicy Band dan pemenang DJP Got Talent 2023 juga turut memeriahkan acara itu. Sebagai pamungkas acara, DJP mengadakan Business Development Service (BDS) melalui gelar wicara dan lokakarya UMKM untuk meningkatkan kualitas UMKM nasional.


Selain rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan Kick Off Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke-77. Kick Off tersebut ditandai dengan pengalungan selempang HORI ke-77 dan penabuhan drum. HORI biasanya diperingati dengan serangkaian kegiatan perlombaan seni dan olahraga antar unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, sebagai bentuk penguatan sinergi di Kementerian Keuangan.(*)