EmitenNews.com - Fitch Ratings mengafirmasi Long-Term Issuer Default Rating (IDR) PT Soechi Lines (SOCI) peringkat B dengan outlook stabil. Lalu, juga mengafirmasi peringkat obligasi senior unsecured berdenominasi dolar Amerika Serikat (USD) terbitan entitas anak usaha, Soechi Capital Pte. Ltd. 


Obligasi itu, memiliki tingkat bunga 8,375 persen per tahun jatuh tempo pada 2023, dengan peringkat B-. Penarikan peringkat dilakukan pada laporan hasil pemeringkatan kali ini, dengan perseroan juga memperhatikan obligasi masih tersisa outstanding saat ini sekitar USD57 juta. 


Fitch mengafirmasi peringkat Soechi Lines, dengan memperhatikan posisi sebagai salah satu operator kapal tanker utama pasar domestik. Kondisi itu, terlindung dari persaingan asing, adanya visibilitas pendapatan karena permintaan stabil dari pelanggan. ”Fitch melabeli peringkat perseroan pada Rabu, 6 Oktober 2021,” tutur Paulina Marlina, Corporate Secretary Soechi Lines, kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (7/10).


Selanjutnya, Moody’s Investors Service pada Kamis, 7 Oktober 2021 mempertahankan Long-Term Corporate Family Rating (CFR) Soechi Lines pada peringkat B2 dengan outlook stabil. Rating itu, didukung tingginya tingkat visibilitas pendapatan, kemudian hambatan masuk tinggi untuk persaingan baru karena peraturan industri menguntungkan, khususnya azas cabotage, dan hubungan baik dengan pelanggan. 


Menyusul label peringkat itu, tidak terdapat dampak material atas informasi tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. (*)