EmitenNews.com -  Fitch Ratings Indonesia telah menerbitkan peringkat 'AAA(idn)' pada program obligasi senior tanpa jaminan ketiga PT Bank UOB Indonesia Tbk (BBIA) dengan peringkat AAA(idn)/Stabil hingga Rp2 triliun dan tahap pertama penerbitan di bawah program. Tranche terdiri dari Rp100 miliar obligasi 5,65 persen jatuh tempo September 2024.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AAA(idn)' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

 

Fitch menilai program dan penerbitan obligasi senior UOBI pada tingkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang sesuai dengan Kriteria Peringkat Bank Fitch, karena merupakan kewajiban langsung dan senior bank dan peringkat yang sama dengan semua kewajiban seniornya. Indonesia tidak memiliki kerangka resolusi yang canggih, dan kami yakin kewajiban ini memiliki prospek pemulihan yang rata-rata.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang UOBI mencerminkan pandangan Fitch bahwa perusahaan induk asing dengan peringkat lebih tinggi, United Overseas Bank Limited (UOB, AA-/Stabil/aa-), memiliki kemampuan dan kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan luar biasa tepat waktu kepada anak perusahaan.