EmitenNews.com - Kesempatan terus berkembang bagi Mangkokku makin terbuka. Perusahaan rintisan (startup) bidang kuliner milik dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) --Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep-- itu, kembali mendapatkan suntikan dana Seri A senilai USD7 juta atau setara Rp101 Miliar. Dana dari Alpha JWC Ventures, EMTEK dan partisipasi Cakra Ventures itu, akan dipakai untuk melebarkan sayap bisnisnya lebih jauh lagi.


Pertama, Mangkokku mulai menyambut kembali pelanggan ke restoran dine-in setelah dua tahun pandemi covid-19. Mangkokku baru saja meluncurkan gerai flagship di Mall Sarinah Jakarta dengan konsep modern, cozy dan menu makan di tempat istimewa.


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (7/6/2022), Co Founder dan CEO Mangkokku, Randy Kartadinata mengatakan pihaknya akan membuka lebih banyak restoran dine-in sembari terus menambah gerai cloud kitchen-nya ke kota-kota baru.


Kedua, Mangkoku juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, dengan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini. Aplikasi ini nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus.


Mangkokku sudah mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Ada puluhan menu permanen maupun musiman dengan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahun melalui pemesanan online dan offline. Targetnya, tahun ini membuka outlet ke-100, serta 100 gerai lagi di 2023.


"Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner terbaik. Kami akan memperluas kehadiran online dan offline Mangkokku, membuka restoran flagship di lokasi-lokasi strategis, meluncurkan aplikasi dan yang terpenting, terus mengeluarkan hidangan-hidangan lezat bagi masyarakat. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia," ujar Randy.


Menurut Randy, Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Untuk ini, Mangkokku meluncurkan holding company, yaitu Nusantara Culinary Group.


Di bawah naungan holding company Nusantara Culinary Group itu, Mangkokku akan mengepakkan sayap menuju produksi minuman dan sambal kemasan yang akan diluncurkan tahun ini. Perusahaan berkomitmen untuk menyebarkan kelezatan Indonesia melalui eksplorasi kreasi F&B tanpa batas. Nusantara Group akan membawa makanan Indonesia menjadi kuliner yang mendunia.


Sementara itu Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe mengaku Mangkokku terus memiliki pencapaian baru sejak investasi tahun lalu. Antara lain peluncuran flagship store yang sukses di jantung ibu kota Jakarta, ekspansi gerai di 10 kota besar Indonesia dan basis pelanggan yang kuat dan loyal secara online dan offline.


Jefrey Joe mengakui hal tersebut dicapai berkat adanya dasar research and development (R&D) dan inovasi Mangkokku yang kuat, sehingga memungkinkan peluncuran produk baru secara teratur. Ia menyatakan, sangat antusias melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya.


Kita tahu, Mangkokku didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi),  Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Pada 2020, Mangkokku berhasil mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures yang membuat penjualan tumbuh 6 kali lipat. ***