EmitenNews.com - Subholding Gas PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertagas Niaga, memasok gas alam cair (LNG) perdana ke industri pengolahan minyak kelapa sawit PT Energi Unggul Persada (EUP) di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

 

"Hal ini langkah yang membanggakan karena akhirnya industri di Bontang memanfaatkan LNG yang diproses dari wilayahnya sendiri," kata Presiden Direktur Pertagas Niaga (PTGN) Aminuddin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/4).

 

Subholding Gas Pertamina akan terus memperluas utilisasi gas bumi melalui infrastruktur beyond pipeline tersebut.

 

Menurut Aminuddin, EUP menggunakan LNG sebesar 462 MMBTUD untuk kebutuhan boiler pabrik dan akan bertambah seiring dengan rencana ekspansi pabrik.LNG dipasok dari Filling Station Plant 26 Pertamina Gas di area PT Badak LNG yang selanjutnya diantarkan menggunakan truk ISO tank.

 

Pemanfaatan LNG oleh EUP ini diharapkan diikuti oleh industri lainnya sehingga pemanfaatan energi bersih makin meluas. "Kami merasakan ada cost saving dengan LNG dan kami senang punya andil sebagai industri yang beralih ke energi yang ramah lingkungan," ujar Factory Manager EUP Hendri Chandra.