EmitenNews.com—PT Providen Capital Indonesia (PCI) selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) akan melakukan penawaran tender sukarela atas 736.728.500 lembar saham atau 10,41 persen porsi saham pada PT Provident Agro Tbk (PALM).


Langkah ini dilakukan setelah PSP lainnya, yakni PT Saratoga Sentra Business telah menjual sebanyak 1.779.885.090 PALM.


Sehingga, porsi saham Saratoga Sentra Business pada PALM turun menjadi 19,88 persen dari 44.88 persen.


Mengacu pada keterangan resmi emiten investasi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan lalu, bahwa Providen Capital Indonesia berpotensi memegang sebanyak 3.880.929.391 lembar saham atau 54,85 persen porsi saham pada PALM.


“Apabila setelah dilaksanakannya Penawaran Tender Sukarela ini, PCI sendiri atau bersama-sama dengan pemegang saham pengendalinya memiliki lebih dari 50 persen  dari seluruh saham dengan hak suara yang telah disetor penuh Perseroan, maka PCI akan menjadi satu-satunya Pengendali PALM,” tulis manajemen PALM.


Untuk diketahui, PALM saat ini tidak mempunyai sumber pendapatan dari usaha utama setelah menjual PT Mutiara Agam.


Untuk itu, perseroan meminta persetujuan perubahan kegiatan usaha pada investor dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 23 Agustus 2022.


Dijelaskan, sebagai perusahaan induk investasi, perseroan melihat adanya prospek usaha yang baik untuk melakukan investasi saham lainnya selain investasi saham yang saat ini sudah dilakukan oleh Perseroan pada PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melalui PT Suwarna Arta Mandiri, anak perusahaan Perseroan.


PALM telah menerima hasil penilaian KJPP atas perusahaan sasaran baru dengan inisial MMLP.


Menurut Penilai Publik, nilai-nilai kriteria investasi yang diperhitungkan selama 5 tahun 6 bulan masa proyeksi didapat Net Present Value (NPV) sebesar Rp 13,09 miliar dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 14,37 persen.