EmitenNews.com - Anthony Sinisuka Ginting gagal merebut Indonesia Open 2023. Di depan publik sendiri, dalam babak final, di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6/2023), ranking dua dunia itu, takluk oleh tunggal putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen, dua gim langsung, 14-21, dan 13-21. Ginting harus puas sebagai runner-up.

 

Permainan tak kenal lelah yang ditampilkan Ginting, nyaris tidak berpengaruh banyak terhadap ketangguhan lawannya dari Denmark. Pemain tunggal putra nomor satu Indonesia itu, dipaksa mengakui keunggulan Viktor Axelsen yang tampil perkasa. 

 

Memang, secara teknis Ginting kalah unggul dari aspek serangan dari lawannya. Meski begitu, pemain asal Jawa Barat itu, cukup cerdik dengan bermain lebih berani di zona depan. Ia sempat menunjukkan permainan netting yang bagus.

 

Lihat saja. Viktor Axelsen yang unggul dari pola serangan dan jangkauan luas, menjadi tak berkutik ketika dipaksa oleh Ginting untuk beradu permainan netting. Pada babak awal, perlawanan Ginting membuat skor pertandingan saling berkejaran.

 

Dengan keunggulan itu, Ginting sempat menyamakan skor 10-10. Sayangnya, ia membuat servis yang kacau, sehingga Viktor Axelsen unggul 10-11.


Mulai temukan kendala

Usai masa interval, usaha Ginting mulai menemukan kendala. Permainan Viktor Axelsen semakin alot, sulit ditembus. Ia malah kian agresif melancarkan smes-smes keras, yang membuat Ginting kesulitan mengembangkan permainan.

 

Akibatnya, pada paruh kedua, Ginting hanya bisa menambah empat poin sebelum akhirnya menyudahi gim awal dengan 14-21.

 

Pada gim kedua, permainan Axelsen semakin sulit dipatahkan oleh Ginting, yang awlnya masih nyaman dengan polanya berupa serangan-serangan bola bawah. Lawannya sempat kesulitan melakukan jangkauan sulit.

 

Tetapi, berbeda dari gim pertama, dengan strategi tersebut menjadi tekanan balik dari Ginting, pada gim kedua andalam Indonesia sulit membuahkan hasil positif.