EmitenNews.com - Tekad timnas Indonesia maju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 makin sulit saja. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan timnas Jepang. Jepang menaklukkan skuad Garuda 3-1 pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, di Al Thumama Stadion, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). 

 

Jepang unggul 1-0 sejak babak pertama. Pesepakbola Jepang, Ayase UEda membukukan kemenangan sejak menit ke-6 lewat penalti. Skor ini bertahan hingga pertandingan masa jeda.

 

Pada babak kedua, Samurai Biru, julukan Jepang, menambah dua gol lagi. Salah satunya lewat gol kedua Ayase Ueda di menit ke-52, dan satunya lagi melalui gol bunuh diri Justin Hubner di menit ke-88. Indonesia baru memperkecil skor di menit akhir lewat Sandy Walsh, 3-1.

 

Dengan hasil gemilang ini membuat Jepang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dengan 6 poin, menjadi runner up Grup D, di bawah Irak (7). Sementara itu, Indonesia yang tetap peringkat tiga dengan 3 poin, menunggu nasib lewat jalur peringkat tiga terbaik di laga Oman vs Kirgistan, yang bakal dihelat esok, Kamis (25/1/2024).

 

Sejak awal pertandingan Jepang vs Indonesia berjalan cepat. Bisa dimaklumi, karena kedua tim memburu kemenangan sebagai tiket untuk memastikan lolos babak 16 besar.

 

Sayangnya, pada menit ke-4 babak pertama, Jordi Amat melanggar Ayase Ueda di kotak terlarang, dan dikonfirmasi oleh VAR. Ayase Ueda yang dipercaya menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang emas tersebut. Tendangannya tepat, dan menghasilkan gol, tidak bisa ditepis Ernando Ari Sutaryadi. Skor 1-0 buat Jepang.

 

Setelah unggul Jepang makin bersemangat dan mendominasi penguasaan bola

Setelah unggul, terlihat Jepang makin bersemangat, dan mendominasi penguasaan bola. Anak asuh Hajime Moriyasu itu, mengontrol hampir semua area lapangan, meski cukup sulit menciptakan peluang ke gawang Indonesia.

 

Hanya dua kali Jepang menghadirkan ancaman nyata ke pertahanan Indonesia. Di antaranya pada menit ke-35.