EmitenNews.com - Tidak puas hanya masuk semifinal, Garuda Muda Indonesia bertekad meraih Piala Asia U-23 2024. Pada perempat final, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, anak-anak asuhan pelatih Shin Tae-yong, sukses menaklukkan timnas Korea, 13-12 (2-2). Olimpiade Paris 2024 menanti jika mereka memenangkan satu pertandingan lagi, dan itu berarti melaju ke final.

"Kami harus melanjutkan perjalanan. Ini bukanlah akhir. Kami ingin menjadi juara," kata Kiper timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi seperti bisa dibaca dari laman resmi AFC, Jumat.

Dalam pertandingan yang berlangsung ketat melawan Republik Korea, Ernando Ari Sutaryadi mampu menepis dua tendangan penalti pemain lawan, Kang Sang-yun dan Lee Kang-hee. Anak muda 22 tahun itu, juga sukses menambah gol Indonesia, setelah berhasil menjadi eksekutor penalti dengan baik.

Sebelumnya, Ernando juga berhasil menepis tendangan penalti pemain timnas Australia Mohamed Toure pada laga kedua. Pada babak penyisihan itu, Indonesia menang 1-0 atas kesebelasan Negeri Kanguru.

Dengan kemenangan dalam adu penalti itu, Indonesia memupus harapan Korea Selatan yang mengincar penampilan ke-10 di Olimpiade sejak 1984.

Ernando mengungkapkan, ketenangan tim Garuda Muda pada babak adu tos-tosan adalah berkat "saling percaya dalam hal adu penalti". Kiper Persebaya Surabaya itu berhasil menepis dua tendangan lawan, dan menyumbangkan satu gol penalti, berkat latihan yang dijalaninya selama ini.

"Saya sudah latihan berkali-kali. Saat giliran saya, saya hanya fokus untuk mencapai target," kata Ernando.

Secara keseluruhan penampilan timnas Indonesia U-23 sampai menembus empat besar dalam turnamen dua tahunan di tingkat Asia itu, cukup memuaskan. Tim Garuda Muda ini terus menorehkan sejarah dengan melaju ke semifinal untuk pertama kalinya. Ernando Cs ke babak perempat final sebagai runner up Grup A di bawah Qatar.

Setelah ini, satu kemenangan lagi akan membawa Indonesia bermain di Olimpiade Paris 2024. Itu berarti mereka mengulangi catatan Garuda Muda 68 tahun lalu ketika tampil di Olimpiade Melbourne 1956.

Hanya ada tiga tim dari Asia yang akan mendapat tiket Olimpiade. Karena itu, Indonesia harus menang dalam semifinal, dan melaju ke final, lalu meraih juara.

Seperti kata Ernando, tidak cukup hanya sampai semifinal. Ia bersama anggota tim lainnya, membidik target lebih tinggi: juara Piala Asia U-23 2024.

Kita doakan anak-anak muda kita sukses dalam perjalanannya di Qatar, dan membawa pulang ke Tanah Air, Piala Asia U-23 tahun 2024. ***