EmitenNews.com - Global Mediacom (BMTR) menambah kepemilikan saham MNC Digital Entertainment (MSIN). Itu ditunjukkan dengan menyerok 545 juta saham emiten asuhan Hary Tanoesoedibjo tersebut. Aksi antar-entitas usaha MNC Group tersebut telah dituntaskan pada 4 Juli 2023. 


Aksi beli emiten andalan Lo Kheng Hong itu dibantu sejumlah sekuritas. Broker, dan lembaga perbankan yang terlibat antara lain MNC Sekuritas, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Bank KB Bukopin, But Deutsche Bank AG, dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI). 


Dengan pelaksanaan transaksi senyap itu, timbunan saham Global Mediacom makin menebal. Menjadi 1,89 miliar eksemplar alias setara 15,59 persen. Melejit 4,49 persen dari sebelum transaksi dengan donasi sekitar 1,34 miliar saham setara dengan 11,1 persen. 


Rupanya, Global Mediacom mengembat saham yang dilego oleh Media Nusantara Citra (MNCN). Ya, saat bersamaan Media Nusantara melepas 545 juta lembar alias setara dengan 4,49 persen. Dengan perampungan transaksi itu, tabulasi saham Media Nusantara menciut menjadi 1 miliar helai alias 8,27 persen. Berkurang 4,49 persen dari sebelum transaksi 1,54 miliar saham alias 12,76 persen. (*)