EmitenNews.com - Produsen beras ternama merek Topi Koki, Buyung Poetra Sembada (HOKI) siap menggenjot produksi produk DailyMeal. Itu dilakukan untuk menangkap peluang dari lonjakan kebutuhan masyarakat akan produk makanan sehat. Apalagi, jumlah penderita diabetes di Indonesia makin membesar. 


Pada 2019, jumlah penderita diabetes di Indonesia tercatat 10,7 juta jiwa, dan menanjak menjadi 19,5 juta pada 2021. Oleh karena itu, sejak 2021 Indonesia telah menduduki peringkat ke-5 negara dengan penderita diabetes terbanyak dunia, meningkat dari peringkat 7 pada 2019. 


”Lompatan jumlah penderita diabetes Indonesia terjadi seiring perubahan gaya hidup masyarakat modern makin sejahtera. Satu sisi, masyarakat masa kini makin banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, dan sisi lain makin sedikit melakukan gerakan fisik. Menilik situasi itu, perseroan melihat prospek kebutuhan, dan permintaan produk makanan sehat makin tumbuh ke depan. Apalagi, kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat didukung konsumsi makanan sehat juga makin meningkat,” tutur Budiman Susilo, Direktur Buyung Poetra. 


Nah, untuk menggenjot produk beras sehat DailyMeal, belum lama ini anak usaha Buyung Poetra untuk produk-produk beras, dan turunannya serta consumer goods lainnya bernama Hoki Distribusi Niaga (HDN), telah meneken kesepakatan pembentukan usaha bersama alias joint venture (JV) dengan PT Gita. Berdasar rencana, usaha patungan untuk membangun pabrik beras sehat akan mulai beroperasi awal 2025. 


Produk DailyMeal besutan Buyung Poetra terbagi menjadi dua golongan. DailyMeal Rice yaitu beras sehat alternatif dari beras jagung, dan beras singkong. Satu lagi DailyMeal Eats yaitu beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk. Perseroan juga akan meluncurkan varian baru produk DailyMeal untuk memenuhi kebutuhan pasar pada Semester II-2023. 


Buyung Poetra memproduksi beras sehat yaitu beras singkong, dan beras jagung dengan serat pangan tinggi, dan indeks glikemik rendah. Jadi, aman untuk penderita diabetes, dan dapat digunakan untuk program diet. Perseroan sedang melakukan transformasi bisnis dengan diversifikasi produk ke sektor fast-moving consumer goods (FMCG) melalui HDN.


Hasilnya, makin menunjukkan perkembangan positif dalam setahun terakhir. Penjualan DailyMeal sebagai produk FMCG perseroan pada Semester I-2023 mencapai Rp2,2 miliar. Meroket 5.846 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp37 juta. (*)