EmitenNews.com - Rig Tenders Indonesia (RIGS) mendapat fasilitas Rp100 miliar. Pinjaman lunak tersebut didapat dari Bank Mandiri (BMRI). Pinjaman tersebut dijamin oleh anak usaha perseroan yaitu Surya Indah Muara Pantai (SIMP). 


Jaminan yang diberikan entitas usaha tersebut berupa bilyet deposito berjangka atas nama SIMP di Bank Mandiri. ”Transaksi telah diteken pada 13 Februari 2023,” tulis Kartika Hadi, Presiden Direktur Rig Tenders Indonesia. 


Transaksi tersebut untuk mendapat fleksibilitas arus kas perseroan sehingga dapat berkonsentrasi untuk proyek. Saat ini, SIMP sebagai pihak terafiliasi memiliki kas sedang tidak terpakai, dengan jaminan itu, perseroan lebih mudah, dan cepat mendapat pinjaman dari Bank Mandiri dengan bunga kompetitif.


Perseroan berkeyakinan, transaksi tersebut akan berdampak positif terhadap kenaikan arus kas dari fasilitas untuk keperluan modal kerja, perseroan bisa berkonsentrasi menggunakan dana internal untuk proses docking kapal-kapal, dan kegiatan operasional lain. 


Di samping itu, perseroan akan mendapat tambahan likuiditas yang nantinya akan digunakan untuk keperluan tambahan modal kerja. ”Jadi, akan memberi fleksibilitas terhadap arus kas perseroan untuk mendukung pertumbuhan,” ucapnya. (*)