EmitenNews.com - PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) menyewakan sebidang tanah seluas 835 meter per segi kepada PT. JBA Indonesia (JBAI), pada 18 Oktober 2023. Transaksi sewa menyewa ASSA dengan anak usahanya itu senilai Rp108.244.188 per tahun sudah termasuk PPN.

 

Dalam keterangan tertulisnya Jumat (20/10/2023), Corporate Secretary ASSA, Jerry Fandy Tunjungan menuturkan transaksi dilakukan dengan pertimbangan ASSA memiliki lahan kosong, yang cukup luas namun belum digunakan secara maksimal.

 

Sementara itu, JBAI membutuhkan lahan tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan usahanya, agar jaringan cabang operasionalnya di wilayah Jambi lebih luas. Selain itu, Biaya Sewa kepada JBAI adalah sebesar Biaya Sewa yang ada di pasaran.

 

"Dengan transaksi ini JBAI diharapkan dapat memperluas jaringan usahanya dan memberikan manfaat finansial kepada ASSA berupa pembayaran," katanya. 

 

JBAI merupakan anak usaha tidak langsung ASSA melalui kepemilikan saham pada PT Autopedia Sukses Lestari (ASLC) sebesar 77,60 %. ASLC memiliki kepemilikan saham sebesar 84,4% pada JBAI.

 

Di luar itu, ada kesamaan manajemen keduanya: Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati menjabat sebagai Presiden Direktur ASSA dan Presiden Komisaris di JBAI dan Jany Candra menjabat sebagai Direktur ASSA sekaligus Komisaris di JBAI. ***