EmitenNews.com - Teknologi internet kecepatan tinggi dari Starlink milik Elon Musk diuji coba di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Di antaranya, di rumah sakit umum daerah dan beberapa titik di sekitar wilayah Sepaku. Di Bali, kemarin, Elon Musk secara resmi meluncurkan pengoperasian Starlink di Tanah Air.

"Ada beberapa titik yang mau diuji coba Starlink di IKN. Beberapa titik itu, kerja sama antara Otorita IKN dengan Tony Blair Foundation," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Hidayat Sumadilaga, di sela-sela acara World Water Forum di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/2024).

Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink dipastikan beroperasi di Indonesia. Sang pemilik, pebisnis asal AS Elon Musk meresmikan layanan tersebut di Bali pada Minggu (19/5/2024). Elon Musk ke Bali juga untuk menghadiri World Water Forum di Nusa Dua, Bali, 18-25 Mei2024. 

Kehadiran Starlink dinilai dapat membantu pemerintah dalam pemerataan internet di Indonesia dan dapat mengurangi jumlah titik buta internet di daerah-daerah terpencil.

CEO Tesla Inc., sekaligus SpaceX Elon Musk menyatakan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia setelah melihat implementasi Starlink, layanan internet berbasis satelit, di Bali dan Maluku. Ia mengaku sangat antusias untuk menghadirkan konektivitas ke berbagai tempat di Indonesia, khususnya 3T atau tertinggal, terdepan, dan terluar.

Elon Musk menyebutkan, koneksi internet dapat membawa perubahan bermakna bagi para penerimanya, terlebih bila masyarakat terbantu untuk memperoleh akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan.

Karena itu, Elon Musk berulang kali menekankan pentingnya koneksi internet bagi seluruh wilayah, sehingga siapa pun dapat mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja.

Secara khusus Elon Musk mengikuti proses uji coba layanan internet Starlink yang dipasang di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Denpasar, Bali. CEO SpaceX ini memastikan, Starlink dapat ditransformasikan, tidak saja untuk kesehatan, tetapi untuk pendidikan, dan lain sebagainya juga.

“Kalau anda bisa mengakses internet, anda bisa pelajari segalanya,” kata Elon Musk yang menggunakan kemeja warna hijau khas Bali, usai uji coba jaringan internet Starlink di Denpasar, Minggu.

Elon Musk yang tiba pukul 16.40 Wita, di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod untuk melihat penggunaan layanan internetnya, sempat berkeliling sambil mendengarkan hasil uji coba Starlink di puskesmas pembantu tersebut.

Elon Musk  kemudian melakukan penandatanganan kerja sama didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. ***