EmitenNews.com - Entitas usaha Telkom Indonesia (TLKM) meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan NeutraDC Hyperscale Data Center Batam (HDC Batam) di Kabil Industrial Estate, Batam. Pembangunan HDC Batam dilakukan di atas lahan seluas 8 hektare (Ha) dengan total 3 Campus. 


”PT Telkom Data Ekosistem (TDE) anak usaha Telkom Indonesia, telah melakukan groundbreaking pada 21 Desember 2022,” tulis Raden Achmad Faisal, PGS VP Investor Relations PT Telkom Indonesia. 


Pada tahap awal pembangunan HDC Batam, kapasitas IT load diperkirakan sebesar 20 megawatt (MW). Selanjutnya, total kapasitas IT load HDC Batam sebesar 51 MW. Menggunakan energi terbarukan (renewable energy) ramah lingkungan, dan mengadopsi system multi-tier. Ekosistem HDC Batam juga didukung ekosistem kabel laut Telkom Group seperti Batam Singapore Cable System (BSCS), Indonesia Global Gateway (IGG), dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan proyek pembangunan kabel laut. 


Selain itu, HDC Batam juga akan menyediakan sistem modular yang dilengkapi dengan Building Management System, sehingga memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 


Menyusul pembangun itu, HDC Batam akan menjadi data center berkapasitas terbesar kedua milik Telkom. Menjadi bisnis data center ke-3 akan dikelola langsung TDE, setelah Hyperscale Data Center Cikarang, dan Telin 3 Singapura. ”HDC Batam untuk mendukung rencana jangka panjang pengembangan bisnis data center NeutraDC, dan meningkatkan competitive advantage bisnis data center Telkom Group,” tegas Faisal. (*)